Ukuran Gelas Cappucino Serta Jenis Gelas Untuk Cappucino

Bagi kalian penikmat kopi, yang ingin memulai bisnis coffee bar atau kedai kopi, sebelum kalian memulai membuka coffe bar hal pertama yang perlu kalian perhatikan selain cita rasa kopi yang kalian jual, wadah atau gelasnya juga harus kalian perhatikan. Berikut adalah informasi ukuran gelas cappucino sesuai standar serta cara memilih jenis gelas untuk cappucino.

Ukuran Gelas Yang Cocok Untuk Cappuccino

Setiap cafe memiliki seleranya sendiri untuk ukuran gelas cappucino, latte, flat white, dan macchiato. Namun ternyata ukuran gelas yang standar untuk jenis cappuccino adalah 220 ml dan disajikan dengan gelas bening atau gelas high-ball. Dengan ukuran 220ml merupakan ukuran yang standar yang sudah memberi keseimbangan antara susu dan kopi. Tapi lain pemilik biasanya akan lain juga ketentuan gelas yang digunakan, berikut adalah beberapa ukuran gelas cappucinno yang juga digunakan di beberapa kedai kopi :

1. Ukuran Standar 220 ml

Banyak kedai kopi yang lebih memilih untuk menggunakan ukuran gelas cappucino 220 ml sesuai standar, karena tidak ingin merusak cita rasa kopi yang disajikan. Bagi sebagian besar pengusaha menggunakan ukuran standar adalah cara aman untuk tetap menjaga cita rasa kopi yang disajikan dan untuk memuaskan konsumen pecinta kopi.

Baca Juga :  Tempat Ngobrol di Jogja Yang Kekinian dan Fotogenik

Tingginya minat konsumen terhadap kopi membuat para pengusaha bersaing untuk memuaskan konsumen dengan kopi takarannya. Menggunakan ukuran gelas sesuai standar mempermudah pengusaha untuk menarik konsumen yang paham mengenai kopi. Namun ternyata ukuran standar gelas cappucinno ini masih sulit ditemukan di Indonesia, tapi bagi kalian yang memiliki tekat serius untuk usaha pasti itu tidak menjadi halangan meski gelas ukuran 220 ml sulit dicari.

2. Ukuran 320 ml

Ukuran gelas cappucino standar adalah 220 ml, namun banyak kedai kopi yang tidak menggunakan ukuran tersebut dan lebih memilih menggunakan ukuran 320 ml, karena sulitnya mencari gelas dengan ukuran tersebut.

Namun itu tak jadi masalah, asalkan dalam penakaran juga diperbaiki supaya rasanya tetap terjaga meski menggunakan ukuran 320 ml. Ukuran ini banyak digunakan oleh pengusaha kopi di Indonesia, karena para penjual gelas lebih banyak menyediakan ukuran gelas 320 ml ini.

3. Ukuran 180 ml

Selain ukuran 220 ml dan 320 ml, ada juga ukuran gelas 180 ml yang sering digunakan untuk ukuran gelas cappucino. Setiap pengusaha memang memiliki takarannya sendiri dalam penyajian. Menggunakan gelas dengan ukuran berapapun memang tidak menjadi masalah, asalkan takaran yang digunakan juga disesuaikan supaya tidak mengecewakan penikmatnya.

Baca Juga :  Berkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra Si Hitam Manis Dari Flores

Jika sudah biasa menggunakan ukuran gelas 180 ml, untuk menggunakan ukuran gelas standar harus merubah takaran yang ada. Jadi semua kembali kepada kalian sebagai pengusaha mau menggunakan gelas ukuran yang mana. Biasanya gelas ukuran ini digunakan di kedai kopi yang masih baru yang belum paham mengenai standart gelas kopi, tapi itu tidak jadi masalah asalkan cita rasanya terjaga.

4. Ukuran 165 ml

Ukuran 165 ml adalah salah satu ukuran gelas yang bisa digunakan untuk para pengguna kopi, namun ukuran gelas ini jarang sekali digunakan untuk cappuccino. Ada yang menggunakan namun hanya sedikit, karena sulitnya menyesuaikan takaran dengan gelas ini. Karena kesulitan itu pengusaha kedai kopi jarang menggunakan ukuran gelas ini. Namun gelas ukuran 165 ml ini banyak ditemukan dipasaran, atau bisa disebut gelas yang paling umum dijual dipasaran.

Memilih Jenis Gelas Untuk Cappucino

Bagi kalian yang baru menggeluti bisnis kedai kopi, kalian harus memperhatikan gelas yang akan kalian gunakan. Untuk gelas cappucino biasanya menggunakan cangkir keramik, karena cangkir ini lebih memberi efek mewah. Selain itu bisa memberi perpaduan yang indah antara gelas keramik dengan froth susu yang ditambah taburan bubuk coklat. Tetapi banyak juga dari beberapa cafe menggunakan gelas bening atau gelas hing-ball. Jenis gelas yang digunakan sebaiknya memiliki nilai ekstetika yang pas dan cocok dengan cappuccino karena biasanya perpaduan antara gelas dan front susu serta taburan coklat menjadi pusat perhatian pertama kali.

Baca Juga :  Resep-Resep Mudah Kopi Latte Rumahan

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis gelas yang cocok untuk cappuccino dan ukuran gelas yang digunakan untuk menyajikan cappucino. Pemilihan ukuran gelas dikembalikan lagi kepada kalian. Karena setiap kedai kopi pasti memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri entah dalam penyajian maupun dalam cita rasa kopi yang dihidangkan.