Ini Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Sampai saat ini sebagian dari penikmat kopi mungkin belum menyadari bahwa kopi yang mereka minum tersebut memiliki jenis yang berbeda. Kopi yang saat ini banyak dikenal masyarakat adalah robusta dan arabika. Apakah perbedaan kopi robusta dan arabika?

Ada banyak sebenarnya yang membedakan dua jenis kopi ini. Namun secara garis besar dan yang paling mudah untuk dibedakan ada beberapa hal yang terlihat serta mudah untuk dipahami. Ingin tahu apa saja perbedaan kedua kopi tersebut? Ini perbedaan kopi robusta dan arabika yang tidak banyak orang tahu:

1. Ukuran Biji

Perbedaan kopi robusta dan arabika yang pertama bisa dilihat dari ukuran kopinya. Untuk kopi arabika ukuran dari jenis kopi ini cenderung lebih besar serta kopi ini memiliki bentuk yang lonjong. Lain halnya dengan kopi robusta kopi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki bentuk kopi yang lebih bulat dibanding dengan kopi arabika.

2. Tempat Menanam

Perbedaan yang juga bisa dilihat dari kedua kopi yaitu robusta dan arabika bisa dibedakan dengan melihat dimana kopi tersebut ditanam. Maksud tempat menanam disini adalah mengenai ketinggian dari kopi tersebut di tanam. Untuk kopi arabika, kopi ini biasa ditanam pada ketinggian 700-1.700 mdpl dan suhu yang ada pada ketinggian tersebut mencapai 16.20 derajat celcius.

Baca Juga :  Café Brick, Café di Jogja Yang Unik dan Asik

Berbeda halnya dengan kopi robusta, untuk kopi robusta ini merupakan jenis kopi yang bisa tumbuh subur dan hidup pada ketinggian 400-7000 mdpl dan untuk temperature suhu untuk kopi robusta ini cukup 21-24 derajat celcius saja. Dari tempat menanam ini sudah dapat diketahui dengan jelas perbedaan dari keduanya yang memiliki perbedaan yang nyata sekali dan mudah dipahami.

3. Aroma Kopi

Ada yang unik dan bisa dicoba sendiri cara membedakan kopi robusta dan kopi arabika dengan sangat mudah yaitu bisa dengan mencium aroma dari kedua kopi tersebut. Faktanya kopi arabika banyak yang membuktikan mempunyai sebuah aroma yang harum mewangi sangat mirip dengan aroma yang dihasilkan antara campuran bunga dengan buah.