Peluang Usaha Cafe Makin Menggiurkan, Berikut Step-by-Step Buka Cafe Baru Tanpa Ragu

Usaha cafe kini makin banyak muncul dan kian menjamur tidak hanya di kota besar macam Jakarta Bandung saja tetapi mungkin hampir di setiap kota kini makin marak cafe-cafe baru. Sebegitu menguntungkannya kah berbisnis cafe? Tentu saja. Kalau keuntungan tidak menggiurkan, tentu tidak banyak orang mau membuka bisnis dengan modal tidak sedikit ini bukan? Peluang usaha cafe menjadi satu yang banyak diminati saat ini karena dianggap prospektif dan menjanjikan.

Peluang usaha yang satu ini juga dianggap memilki prestige tersendiri lho bagi anak-anak muda. Tak heran kini banyak sekali cafe-cafe baru dengan anak-anak muda sebagai pengelolanya. Membuka dan mengelola cafe dianggap sebagai a new hot di kalangan anak muda. Tidak sedikit anak muda yang bergabung untuk membuka satu cafe baru atau mini cafe dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Berbicara soal bisnis cafe, memang, bisnis ini bisa jadi sumber pemasukan yang sangat menguntungkan dan memberikan banyak keuntungan  jika kita tahu bagaimana cara mengelolanya. Oleh karenanya, mari kita bahas apa-apa saja yang perlu kita lakukan untuk dapat menjalankan peluang usaha menguntungkan ini dengan baik.

1. Research makes it perfect. Sebelum mulai kelola, kepo-kepo dulu bisa dong

Berbicara soal mengelola cafe, kebanyakan orang biasanya hanya akan berfokus ke satu hal dan seringkali mengabaikan hal lainnya dalam pengelolaan kafe. Hal ini tidak boleh kita lakukan. Ada baiknya jika sebelum membuka peluang usaha cafe kita lakukan research terlebih dahulu. Bukan, bukan tentang paper dan lain sebagainya itu bukan, research disini maksudnya adalah kita perlu untuk mencari data yang banyak terkait cafe nih. Kita bisa lho mendapatkan data-data ini di cafe-cafe hits di sekitar kita. Jadi beberapa hal yang perlu kita ketahui di antaranya seperti: “Menu apa yang menjadi main point di cafe tersebut?”, “Berapa range harganya?”, “Bagaimana desain atau interior dan eksterior cafenya?”, “Bagaimana pelayanan di cafe tersebut?”, dan banyak lainnya. Ingat, research makes your cafe perfect.

2. Temukan konsep yang pas

Konsep memegang peranan penting dalam membuka peluang usaha cafe ini. Betapa tidak, dengan konsep yang bagus, kita akan dapat mengatur bagaimana layout cafe kita, dan dengan konsep yang bagus kita tidak perlu melakukan banyak promosi karena pasti konsumen sendiri yang akan mempromosikan cafe kita. Untuk mendapatkan konsep yang pas, kita bisa lihat cafe-cafe yang ada di sekitar kita. Kalau perlu terapkan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Jika masih kesulitan juga dalam mencari konsep yang pas? Hubungi jasa konsultan bisnis cafe terpercaya. Mudah bukan?

Baca Juga :  Berpartner Dengan Konsultan Bisnis Cafe? Apa saja Keuntungannya? Cek Disini

3. Belajar soal manajemen dan staff hiring

Tidak hanya soal makanan yang enak dan tempat yang nyaman, terkadang konsumen juga suka dengan cafe yang memiliki pelayanan yang baik. Anda tentu pernah menemukan cafe yang “sebenernya makannya enak, tempatnya cozy, tapi waiter/waitressnya jutek”, pernah tidak? Nah, itu yang perlu kita waspadai. Terkadang banyak orang hanya berfokus pada bagaimana desain cafe atau bagaimana menu makanannya, lalu mengabaikan yang satu ini. Dengan belajar soal manajemen dan staff hiring, selain menambah ilmu, kita juga bisa menghandle sendiri soal perekrutan karyawan tanpa perlu bantuan staff tambahan bukan? Jadi lebih hemat. Namun, jika Anda masih baru dalam bisnis ini, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari konsultan bisnis.

4. Cari supplier atau pemasok bahan makanan yang kredibel

Kita akan membuka bisnis yang berhubungan dengan bahan baku makanan, dalam prosesnya nanti kita perlu mendapatkan pemasok atau supplier atau tempat dimana kita bisa membeli kebutuhan untuk cafe dengan harga semurah mungkin. Kita perlu memastikan bahwa dengan harga yang sedemikian terjangkau, kualitas yang diberikan tidak lantas turun. Kita juga perlu memastikan bahwa supplier tersebut memang sudah terpercaya dalam hal kualitas.

Baca Juga :  Buka Cafe Ternyata Semudah Itu!

5. Lokasi menentukan prestasi memang benar adanya

Tidak hanya soal ujian, ternyata dalam menjalankan peluang bisnis cafe ini kita juga perlu berpatokan pada slogan tersebut. Seperti halnya peluang usaha lainnya, cafe pastilah akan lebih banyak menjangkau calon konsumen jika berlokasi di pusat kota. Carilah tempat yang sekiranya banyak orang berkumpul seperti di mall misalnya. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian adalah harga sewanya. Pastikan dengan harga sewa segitu kita bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat atau lebihnya. Mengapa? Karena jika dengan sewa mahal-mahal tetapi hasil tidak seberapa, akan berbahaya bagi kelangsungan bisnis kita nantinya.

6. Pilih menu makanan yang unik atau memiliki ciri khas

Rata-rata cafe akan menyediakan menu standar yang itu itu saja misalnya french fries, dan teman-temannya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kita bisa amati, tiru dan modifikasi menu-menu makanan yang ada sehingga bisa menjadi “penyegaran” untuk cafe kita. Tetapi jangan membuat pembaharuan yang terlalu ekstrim ya, takutnya orang malah tidak akan menyukai menu makanan yang kita sajikan.

7. Logo, terdengar sepele tapi penting

Seperti layaknya usaha lain, peluang usaha satu ini juga perlu dibuatkan logo. Bukan tanpa sebab, logo merupakan satu identitas cafe yang kita miliki agar membedakan dari cafe lainnya. Dengan logo, cafe kita pun bisa lebih dikenal lho. Dalam membuat logo jangan sampai asal-asalan, sesuaikan dengan konsep cafe dan yang paling penting, buat logo yang sangat mencerminkan cafe Anda.

Baca Juga :  Mengenal Kopi Arabika Java Preanger Yang Nikmat Dan Khas

8. Percayakan desain interior dan exterior pada ahlinya

Jika Anda memiliki basic mendesain interior dan exterior, hal ini akan sangat menguntungkan. Namun, jika Anda tidak terlalu paham tentang hal ini, ada baiknya untuk menyerahkan hal ini pada yang sudah berpengalaman di bidangnya. Desain interior dan eksterior dapat dibilang memiliki peranan yang penting dalam menjalankan peluang usaha cafe ini. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri. Lihat saja cafe dengan desain interior dan eksterior biasa, dengan yang terkonsep dengan baik. Dengan desain interior dan eksterior yang bagus, kita juga dapat menarik lebih banyak konsumen untuk datang. Bukan begitu?

Selain beberapa poin di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan seperti bidang promosi, kualitas makanan, dan pelayanan juga perlu untuk mendapat perhatian. Dalam bidang promosi, kita bisa memanfaatkan freebies yang ada yakni via social media dan platform digital lainnya. Atau bisa juga yang berbayar seperti via jasa influencer atau selebgram. Sedangkan untuk urusan makanan dan minuman, “enak” saja tidak cukup. Cuma “enak” tanpa adanya konsistensi rasa merupakan satu hal yang bahaya. Enggak mau kan dapat rating jelek karena hal yang satu ini?

Itu tadi beberapa step terkait peluang usaha cafe yang bisa menjadi perhatian. Semoga artikel ini dapat membantu ya!