Minuman Olahan Kopi Arabika Khas Indonesia

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari, baik dari dalam maupun luar negeri. Kini, banyak olahan kopi yang beraneka ragam dan memiliki karakter yang berbeda dan unik. Apa saja olahan kopi khas Indonesia yang sudah populer? Berikut ini adalah beberapa minuman olahan kopi arabika diantaranya :

1. Kopi Telur

Telur mengandung banyak Protein, Vitamin, Omega 3, Beta Karoten dan Kolin yang berguna bagi stamina dan kebugaran tubuh. Sedangkan kopi, mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membangkitkan semangat dan menurunkan berbagai risiko penyakit. Kopi telur merupakan hasil campuran kopi dan telur yang dapat menghasilkan rasa lezat, gurih dan berkhasiat.

Selain di Indonesia, minuman ini sangat terkenal di skandinavia dan vietnam. Cara membuatnya yaitu campur sebutir telur mentah, kopi arabika dan gula sesuai selera. Kemudian, tambahkan air matang dan rebus hingga matang. Dan kopi telur pun siap dinikmati.

2. Kopi Joss Jogja

Salah satu olahan kopi arabika yang menjadi minuman spesial dari angkringan Lik Man di Yogya adalah Kopi Jos. Kopi jos memiliki ciri khas yaitu setelah diseduh kopi akan ditambah satu atau dua potong arang yang membara. Arang tersebut harus yang merah membara, karena jika tidak rasanya akan berbeda.

Baca Juga :  Tempat Makan Enak di Jogja Yang Paling Direkomendasikan

Beberapa pelanggan kopi jos jogja adalah para turis barat. Para turis tersebut menyebut kopi jos sebagai charcoal coffe atau kopi arang. Selain rasanya berbeda dari kopi biasanya, kopi jos juga dipercaya oleh penggemarnya dapat menghilangkan rasa lelah dan masuk angin.

3. Kopi Kopyok Gresik

Kopi kopyok gresik merupakan hasil olahan dari biji kopi jawa pilihan yang ditumbuk kasar. Sebelum dihidangkan, kopi akan ditaruh ke dalam cangkir bersama gula. Air spesial berasal dari sumber mata air dalam yang telah melalui tiga tahap perebusan.

Kemudian, tunggu sebentar hingga butiran-butiran kopi yang ringan menyembul ke permukaan. Setelah itu, boleh diaduk dan dinikmati melalui cangkir langsung atau bisa juga dengan menggunakan lepek yang menjadi alasnya. Rasa dari kopyok gresik cenderung masam, namun terasa kental.

4. Kopi Talua

Olahan kopi arabika dengan racikan kopi yang khas dari tanah minang, sumatera barat adalah kopi talua. Kopi talua disebut juga kopi susu gaya minang, karena elemen utama dari kopi ini adalah kuning telur dan susu. Cara pembuatannya, pecahkan telur dan masukkan kuning telur ke gelas yang berisi susu kental manis.

Baca Juga :  Kualitas Dan Karakteristik Kopi Arabika Simalungun

Kemudian, tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan kocok hingga mengembang.  Lalu, campuran tersebut dituangi dengan seduhan kopi panas. Kopi panas ini dapat mematangkan telur dan menimbulkan busa lembut pada permukaan kopi. Jangan khawatir, rasa dari kopi talua ini tidak amis justru rasanya enak dan nikmat saat dinikmati.

5. Kopi Rarobang Ambon

Kopi rarobang merupakan salah satu olahan kopi arabika khas indonesia yang berasal dari ambon. Sebagai pelengkap, minuman ini disajikan dengan taburan biji kenari di atasnya. Racikan kopinya berasal dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis yang direbus bersama dengan bubuk kopi hingga mendidih.

Bubuk kopi yang digunakan adalah jenis arabika, karena rasa yang tidak terlalu pahit dan gentir. Selain itu, minuman ini memiliki cita rasa yang kaya, menyegarkan, dan membuat tubuh terasa hangat dan nyaman. Minuman ini memiliki aroma wangi manis cengkeh, aftertate jahe dan  rasa madu yang bercampur.

6. Kopi Ijo Tulungagung

Olahan kopi arabika yang berasal dari tulungangung selanjutnya adalah kopi ijo. Berbeda dengan kopi pada umumnya yang berwarna hitam atau cokelat tua, kopi yang satu ini berwarna hijau. Warna hijau pada minuman ini dikarenakan biji kopi yang tidak melalui proses roasting atau pemanggangan.

Baca Juga :  Kenapa Kopi Arabika Papua Wamena Sangat Nikmat? Ini Rahasianya

Biji yang akan digunakan hanya diletakkan di atas wajan tanah liat, sebelum ditumbuk biji kopi disangrai dengan kayu bakar. Jenis minuman ini cukup populer terutama di kalangan wanita baik di dalam maupun luar negeri. Kopi ini memiliki Manfaat sebagai suplemen penurun berat badan dan mencegah diabetes.

Itulah ulasan tentang beberapa minuman olahan kopi arabika. Salah satu minuman kopi khas indonesia yang memiliki beragam jenis dan menjadi kuliner para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, olahan kopi khas indonesia ini memiliki karakter yang berbeda dan unik.