Membuka Restoran Kini Semudah Itu Dengan Bantuan Konsultan Restoran

Berbisnis merupakan pilihan yang tepat jika Anda sudah mulai jenuh dengan dunia kerja kantoran atau yang ingin mencari pemasukan tambahan di luar gaji pokok sebagai pemasukan utama. Dalam berbisnis terkadang kita, apalagi pebisnis pemula mungkin merasa kurang percaya diri dalam melangkah. Tidak hanya masalah kepercayaan diri, namun, rasa ragu-ragu dalam melangkah, kemudian belum lagi berbagai pertimbangan yang banyak sebelum memulai usaha membuat kita seakan terbebani dengan apa-apa yang mungkin, tidak seperti yang kita pikirkan. Ambil lah contoh membuka bisnis kuliner. Kita tentu tahu bahwa dalam membuka bisnis kuliner ini kita tidak harus memiliki modal yang besar, meskipun dengan modal yang besar kita tentu akan lebih leluasa dalam mengatur segala sesuatunya.

Berbicara soal usaha atau bisnis, kini banyak pebisnis mulai merambah ke sektor bisnis kuliner. Membuka kafe dan restoran kini menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Bukan tanpa alasan, membuka bisnis kuliner memang dapat dibilang bisnis yang tidak ada habisnya,mengingat, semua orang butuh makan bukan? Tidak hanya itu, dengan semakin berkembangnya teknologi, orang kini juga semakin membudayakan “makan di luar” dengan tujuan memang untuk “cari makan” betulan dan “cari makan sambil gayaan” untuk kemudian di upload di sosial media.

Nah, mengingat tren tersebut, pebisnis kini mulai “peka”. Restoran dan kafe dibuat secantik mungkin atau se-fotogenic mungkin guna menarik semakin banyak pengunjung. Sebelum kita mulai membahas mengenai konsultan bisnis restoran, ada baiknya kita tahu dulu nih step-step dari awal dalam membuka bisnis restoran.

Jadi, hal pertama dan paling utama yang harus anda perhatikan adalah mencari lapak atau tempat untuk membuka usaha restoran tersebut. Membuka usaha di atas tanah milik sendiri tentu akan sangat menghemat biaya di awal, namun, bila Anda belum memiliki tanah sendiri, anda bisa melakukan sewa dengan pertimbangan: lokasi di kota, sudah tentu lebih ramai, namun harga pasti lebih mahal, sedangkan lokasi pinggiran kota, harga sudah tentu lebih rendah daripada di kota, namun, dengan asumsi kita harus sedikit bersabar dan lebih gencar dalam promosi karena lokasinya yang tidak dekat dengan pusat kota. Semua pilihan bergantung kepada Anda dan bugdet yang Anda miliki.

Baca Juga :  Ini Dia Jenis Kopi Barista yang Wajib Kalian Coba!

Selain lokasi, hal kedua yang perlu Anda pikirkan adalah pangsa pasar Anda atau target sasaran Anda. Dengan mengetahui target atau sasaran Anda, anda bisa lalu menentukan bagaimana desain dan konsep restoran yang akan anda bangun tersebut. Bila konsep dan desain sudah selesai, Anda bisa kemudian memikirkanbagaimana tata letak atau interior apa yang akan digunakan di dalam restoran Anda.

Jangan lupa, satu hal yang sangat penting dalam bisnis ini adalah, makanan. Anda adalah “penjual makanan”, membuka bisnis yang berhubungan dengan makanan, tentu Anda wajib tahu bagaimana menu atau pilihan makanan yang kira-kira menarik dan sesuai dengan target audiens Anda. Dengan menu makanan yang “enak” atau at least menarik untuk dilihat dan difoto, restoran Anda akan semakin mudah masuk ke dunia bisnis kuliner.

Berbicara soal bisnis kuliner, seperti yang kita ketahui bersama, tidak mudah untuk bisa lanjut dan survive karena sebagian besar orang akan berhenti dan mundur ketika mengalami kendala, apalagi bagi restoran awalan yang masih belum memiliki pelanggan. Di awal, ketakutan kita akan ketiadaan konsumen akan bisa disiasati bila kita memiliki dan mengetahui tips n trick dalam bisnis ini. Nah bagi pebisnis awalan,membuka bisnis restoran dengan modal yang tidak sedikit tentu akan membawa kegalauan tersendiri. Apalagi jika modal yang ada merupakan hasil pinjaman.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Konsultan Cafe Terbaik

Dalam waktu sebulan, kita tentu perlu mengapatkan keuntungan yang setidaknya dapat digunakan untuk membayar cicilan dan gaji karyawan, bukan begitu? Nah apa jadinya jika bisnis restoran tersebut tidak berjalan sesuai dengan harapan? Anda mengalami kendala. Sebagai pebisnis, kendala bukanlah sesuatu yangberarti. Ada banyak solusi kendala yang bisa Anda lakukan. Pertama, tutup bisnis tersebut dengna potensi kerugian yang tidak main-main, atau tetap membuka bisnis tersebut dengan mencari bantuan dari pihak yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Seorang pebisnis sejati tentu akan memilih opsi kedua yakni tetap melanjutkan bisnis tersebut sambil mencari bantuan solusi dari pihak yang lebih berpengalaman di bidangnya. Nah bila Anda belum tahu, ada konsultan bisnis yang siap bertugas mencari solusi bersama dengan Anda.  Konsultan restoran ini dapat membantu Anda mulai dari proses awal yakni menentukan design, beserta pemecahan masalah bisnis yang sudah ada. Misalkan Anda ingin membuka 2nd restaurant, tetapi Anda mengalami kendala, nah tidak usah khawatir karena Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan restoran.

Keuntungan dalam menggunakan konsultan restoran adalah Anda tidak perlu pusing sendiri mencari solusi dari permasalahan di restoran yang Anda hadapi. Mengapa? Karena konsultan restoran akan dengan siap membantu dalam berbagai bidang seperti: penentuan menu makanan, proses desain, hingga dalam pengelolaan karyawan. Menarik bukan?

Anda tidak perlu lagi pusing tujuh keliling dan kemudian memutuskan untuk menyerah karena ada tangan-tangan yang siap membantu bisnis restoran Anda. Ingat, Anda sudah memulai dengan mdal  yang tidak sedikit, Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut sebelum memutuskan menyerah. Seperti kata pepatah, sudah kepalang basah, tinggal lanjutkan saja apa  yang sudah dimulai. Untuk solusi bisa dicari.

Baca Juga :  Kedai Kopi Murah di Jogja Untuk Mahasiswa

Mungkin sudah ada beberapa nama konsultanyang Anda kantongi, namun, mungkin Anda masih merasa kurang yakin untuk menentukan konsultan restoran mana yang dapat dipercaya, namun, hal tersebut sebenarnya bisa dicari. Jadi ketika Anda mencari di situs pencarian, silahkan ketikkan “klien konsultan (nama konsultan yang anda cari)”. Dari situ Anda akan melihat portofolio klien mana saja yang pernah ditangani oleh konsultan bisnis tersebut.

Bagi Anda yang ingin membuka restoran atau mengalamikendala dalam menjalankan bisnis restoran Anda, ada satu konsultan restoran terpercaya yang sudah berpengalaman dibidang ini. Panca Manunggal Lestari merupakan satu dari sekianbanyak konsultan restoran yang berhasil survive dan maju pesat di kalangan konsultan lainnya. Bukan tanpa sebab karena bisnis yang dibangun dan dirilis  oleh lima serangkai ini memang terbentuk dari lima pandangan orang yang berbeda dengan kemampuan serta pengalaman yang juga berbeda satu sama lainnya. Hal ini membuat konsultan restoran ini menjadi satu yang cukup terkenal di kota Yogyakarta.

Panca Manunggal Lestari ini memiliki visi dan misi yang cukup jelas serta pengalaman dengan beragam klien yang bisa kita jadikan acuan kredibilitasnya. Dengan meminta bantuan konsultan restoran ini, Anda tidak perlu pusing-pusing sendiri dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di restoran milik Anda. Semoga Artikel ini dapat memberikan informasi mengenai konsultan restoran yang kredibel dan bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan informasi tersebut.