Mau Buka Cafe? Cek Beberapa Hal INI!

Cafe seringkali dipilih karena selain menyajikan makanan yang enak dan “cantik” pada umumnya, juga menyediakan tempat yang nyaman, terang dan bagus untuk sekedar ngobrol asik atau selfie cantik. Millenial kini gemar akan hal-hal tersebut. Oleh karenanya, membuka bisnis cafe merupakan satu pilihan yang bagus yang bisa kita ambil.

Memang membuka bisnis cafe terdengar sedikit “ngeri”. Mengapa? Karena saat ini membuka satu cafe dengan konsep yang bagus dan hasil akhir memuaskan pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Belum lagi para pesaing atau pendahulu yang sudah ada yang pasti sudah memiliki pelanggan tetap masing-masing. Atau bahkan new comers yang terkadang menawarkan sesuatu yang lebih menarik ketimbang para pendahulunya, cukup bahaya juga. Namun  jangan khawatir, jika kita mengkonsep cafe dengan sebaik mungkin, bukan tidak mungkin kita bisa masuk dan menduduki peringkat yang baik di jalur bisnis yang rawan bahaya ini.

Berbicara soal konsep cafe, selain konsep sebenarnya ada beberapa hal lain yang perlu menjadi bahan pertimbangan ketika kita akan membuka suatu cafe. Beberapa di antaranya seperti:

Baca Juga :  Café Jogja Paling Kekinian Yang Wajib Anda Kunjungi

1. Promosi tertarget

Kita wajib mengetahui sasaran dari bisnis cafe yang akan kita buat ini. Apakah sasarannya ke anak muda, keluarga, apakah untuk low-mid class atau high class consumer, semua wajib anda tau sebelum melakukan promosi. Jika sudah menemukan “oh ini nih, target cafe saya anak muda misalnya”, baru kita tentukan strategi promosi yang pas. Terkadang banyak orang membuang sebegitu banyak modal tapi tidak tepat sasaran, akibatnya, modal keluar banyak untuk promo, namun tidak banyak konsumen tertarget. Nah hal ini cukup bahaya.

2. Konsep kuat

Konsep kuat akan membangun brand awareness di kalangan konsumen kita. Kita wajib tahu terlebih dahulu apa apa saja yang kita butuhkan untuk mewujudkan konsep tersebut agar terkesan lebih mantap. Konsumen juga cenderung akan lebih tertarik dengan cafe yang memiliki ciri khusus. Misalnya, kita bisa mengedepankan konsep dengan mendekorasi cafe seperti yang dilakukan Cafe Brick di Jogja. Dari segi desain tempat Cafe Brick menawarkan keunikan dengan mengambil tema London street yang jarang diambil cafe-cafe serupa di wilayahnya.