Jenis Dan Manfaat Kopi Toraja Yang Wajib Diketahui Penikmat Kopi

Jenis Dan Manfaat Kopi Toraja Yang Wajib Diketahui Penikmat Kopi

Kopi adalah jenis minuman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Banyak jenis kopi yang sudah beredar di masyarakat, salah satunya adalah kopi toraja. Kopi toraja merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dikatakan demikian karena memiliki cita rasa yang enak, harum, dan unik. Kopi yang dihasilkan dari tanah Sulawesi ini berwarna hitam pekat dan memiliki aroma yang kuat. Kopi ini ditanam dengan tanah vulkanik di area pegunungan Saesean.

Bentuk dan ukuran kopi dari toraja ini tidak teratur, sehingga cukup mudah dikenali. Kelebihan dari kopi ini memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah, sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah asam lambung. Ada beberapa jenis dan manfaat dari kopi toraja yang harus diketahui oleh para penikmat kopi. Berikut akan disajikan ulasan lengkapnya.

Jenis-Jenis Kopi Toraja

Ada 2 jenis kopi dari toraja yang dapat kita jumpai di pasaran, yaitu kopi toraja arabika, dan kopi toraja robusta. Keduanya memiliki perbedaan seperti pada rasa dan aromanya. Berikut ulasannya.

1. Kopi Toraja Arabika

Kopi toraja arabika memiliki banyak varian rasa seperti manis dan lembut serta kuat dan tajam. Aroma yang dihasilkan dari kopi ini seperti wangi buah-buahan dan bunga. Jumlah biji kopi dan kafein yang dihasilkan pada kopi ini biasanya lebih rendah. Kopi toraja arabika ini lebih popular dibandingkan dengan kopi toraja robusta dan dapat berbuah pada suhu yang lebih dingin.

Baca Juga :  Kopi Kintamani, Kopi Arabika Bali Dengan Cita Rasa Unik

2. Kopi Toraja Robusta

Bentuk biji dari kopi ini cenderung bulat, besar, dan memiliki rasa yang manis, serta tekstur yang lebih kasar. Kopi ini memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan, dan tanah. Rasa yang dihasilkan oleh kopi ini netral seperti gandum. Kafein  pada kopi ini lebih tinggi dengan tingkat keasaman yang rendah. Jumlah biji yang dihasilkan juga lebih tinggi dan dapat berbuah pada suhu yang hangat.

Manfaat Kopi Toraja

Kopi ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Namun, untuk mendapatkannya harus dibarengi dengan olahraga juga. Adapun beberapa manfaat dari kopi toraja sebagai berikut.

1. Dapat Membuang Lemak

Kopi ternyata dapat membuang lemak pada tubuh. Bagi yang ingin diet, boleh mencoba kopi ini untuk membakar lemak dengan lebih cepat. Hal ini terjadi karena adanya antioksidan yang ada pada kafein. Lemak yang terbakar sekitar 30-50% jika meminumnya sebelum berolahraga. Olahraga yang dilakukan berupa jogging, berlari, ataupun olahraga berat lainnya.

2. Menyingkirkan Nyeri

Menurut penelitian yang telah dilakukan, kopi ini dapat menghilangkan rasa sakit (nyeri). Ini dikarenakan kafein yang terdapat pada kopi dapat memicu produksi dopamin pada otak. Nyeri yang dapat diredakan dengan kopi biasanya adalah nyeri pada saat menstruasi, nyeri pada kepala, nyeri otot, dan beberapa penyakit yang bisa menyebabkan nyeri.

Baca Juga :  Espresso Adalah Saripati Kopi Terbaik, Aslinya Rasa Kopi Hanya Ada Di Espresso!

3. Menjaga Stamina Tubuh

Kopi toraja bisa menjaga stamina tubuh, karena dapat mengurangi lelah. Kafein yang ada pada kopi akan mempengaruhi cara kerja otak. Selain itu juga menghasilkan efek rangsangan yang dapat meningkatkan kesadaran, suasana hati, dan fungsi otak.

4. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Bagi penikmat kopi ini, resiko untuk terkena diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Hal ini sangat menguntungkan mengingat diabetes tipe 2 merupakan masalah yang besar. Jadi, penyakit ini bisa diwaspadai dengan meminum kopi.

5. Melindungi Dari Penyakit Alzheimer

Penyakit ini umumnya kebanyakan diderita oleh orang tua dengan umur lebih dari 65 tahun. Penyakit ini merupakan penyebab utama dimensia yang ditandai dengan penurunan kemampuan saraf. Menurut penelitian, penyakit ini dapat dicegah dengan cara meminum kopi, karena belum ada obat untuk menyembuhkannya.

6. Memperkuat Tulang

Ternyata meminum kopi juga dapat memperkuat tulang, karena di dalam kopi juga terdapat kalsium. Jadi, tak hanya susu yang mengandung kalsium, tetapi kopi juga. Semua tulang yang ada dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang jika mendapatkan kalsium secara teratur.

Baca Juga :  Cara Membuat Kopi Latte Art Mudah Dan Sederhana Di Rumah

7. Membuat Otak Lebih Cerdas

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard terbukti bahwa kopi dapat meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini dikarenakan kafein pada kopi dapat membuat otak berfungsi dengan baik, dan mengingat informasi lebih lama. Jadi, kopi ini bisa dikonsumsi saat sedang mengerjakan tugas rumah ataupun kantor.

Dari ulasan di atas dapat diketahui beberapa jenis dan manfaat dari kopi toraja. Dari segi manfaatnya, ternyata kopi ini tidak hanya dapat menghilangkan ngantuk, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, bukan berarti boleh mengkonsumsi kopi ini secara berlebihan, konsumsilah secara tepat agar bermanfaat.