Resep-Resep Mudah Kopi Latte Rumahan

kopi latte

Kopi adalah salah satu minuman favorit di dunia. Kopi yang pada dasarnya pahit menjadi primadona di industri kuliner Indonesia. Ribuan kafe menjamur di kota-kota besar maupun kecil di seluruh Indonesia. Kopi latte adalah salah satu olahan kopi yang difavoritkan banyak orang. Biasanya meminum kopi akan terasa lebih nikmat jika didukung dengan suasana dan teman yang cocok. Berikut adalah beberapa cara mudah membuat kopi latte di rumah.

1. Resep Kopi Latte Kilat

Resep ini diperuntukkan bagi mahasiswa atau pekerja kantoran yang membutuhkan asupan kopi namun tak punya banyak waktu untuk menikmatinya di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah kopi instan, susu cair, dan krimer. Cara membuatnya, siapkan tempat minum favorit.

Masukkan kopi dan krimer, kemudian seduh dengan air panas. Isi hingga sepertiga bagian tempat minum. Aduk rata, lalu tambahkan susu cair hingga penuh. Komposisi ini bisa diubah dan ditambah gula atau pemanis lain sesuai dengan selera. Kopi latte hangat yang nikmat siap dibawa ke kantor atau kampus.

2. Resep Kopi Latte Dingin

Resep ini cocok untuk diminum saat cuaca panas namun kondisi mata ingin terpejam atau sedang mengantuk. Bahannya sangat mudah dan terjangkau yaitu, kopi bubuk hitam, susu cair, krimer, es batu, dan perasa vanila cair. Cara membuatnya sangat mudah.

Baca Juga :  Café Brick, Tempat Nongkrong di Jogja Malam Hari Yang Asik

Cairkan 1 sendok teh kopi dengan 1 sendok makan krimer dan perasa vanila. Gunakan sedikit saja air panas hanya untuk mengencerkan bahan kering. Kemudian, masukkan susu cair dan gula secukupnya, lalu aduk rata. Setelah suhu minuman agak dingin, masukkan es batu. Es kopi nikmat siap disajikan di udara panas menyengat.

3. Resep Kopi Latte Serut

Resep ini memerlukan waktu agak lama untuk dibuat. Siapkan kopi, krimer, susu, dan gula sebagai bahan dasar kopi latte. Cairkan kopi dengan air panas, kemudian letakkan dalam wadah atau cetakan es batu. Cairkan susu dengan gula, kemudian masukkan dalam gelas berukuran sedang.

Setelah es kopi mengeras, ambil beberapa balok es kopi kemudian serut. Jika tidak memiliki serutan, bisa juga dihancurkan dengan cara memasukkan balok-balok es ke dalam plastik lalu dipukul dengan batu atau palu daging. Taburkan serutan es kopi di atas susu yang telah dimasukkan dalam gelas.

4. Resep Kopi Balok

Bahan yang digunakan pada resep ini masih sama dengan resep sebelumnya. Namun bedanya adalah, kopi yang berupa balok es di tata dalam gelas. Kemudian susu bubuk dicairkan dengan air panas. Setelah membuat larutan susu, siramkan larutan susu panas ke gelas berisi es kopi. Perlahan es kopi akan mencair sehingga minuman dengan sensasi panas dan dingin dapat dinikmati.

Baca Juga :  Informasi Seputar Kopi Arabika Sigarar Utang

5. Resep Kopi Latte Alpukat

Resep kelima, masih menggunakan bahan yang sama, yaitu kopi, air panas, susu, gula, dan krimer. Namun tambahkan juga sebuah alpukat yang matang. Pertama buat es balok kopi dengan cara sesuai resep sebelumnya. Kemudian buat campuran susu, krimer, dan gula dengan takaran sesuai selera.

Siapkan buah alpukat dan keruk bagian daging buahnya. Masukkan kerukan buah tersebut ke dalam blender, campur dengan es kopi, dan larutan susu. Blender hingga halus, dan kopi alpukat siap disajikan.

6. Resep Vanilla Latte

Resep ini membutuhkan beberapa bahan tambahan, yaitu vanilla dan whipped cream. Cara membuatnya adalah, seduh kopi dengan air panas. Saring ampas kopi dengan saringan kertas, ke gelas lain. Masukkan bubuk vanilla dan gula secukupnya lalu aduk hingga rata.

Panaskan susu di atas kompor atau microwave hingga suhu 80 derajat celcius. Masukkan susu ke dalam kopi secara perlahan-lahan, kemudian tambahkan whipped cream di atas kopi. Minuman ini cocok dinikmati saat mengerjakan tugas kantor atau sekedar menonton film favorit di rumah.

Baca Juga :  Cara Menyeduh Kopi Arabika Yang Enak Dan Nikmat

Keenam resep kopi latte tersebut sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan alat khusus seperti yang ada di cafe. Memang secara penampilan kopi rumahan tersebut berbeda dengan yang di cafe. Namun secara rasa, pembuat kopi bisa menyesuaikan dengan selera masing- masing.  Resep-resep ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan jika penikmat kopi sedang berada jauh dari kota dan sulit menemukan kafe dengan minuman kopi latte yang nikmat.