5 Kopi Arabika Yang Enak Dan Wajib Dicoba

Kopi Arabika Yang Enak

Cita rasa dan aroma yang khas dari kopi Arabika tidak diragukan lagi dan bahkan peminat kopi ini sudah mendunia. Beruntungnya, Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah sehingga negara ini menjadi produsen kopi arabika yang enak. Beberapa  fakta tentang kopi arabika yakni kopi arabika ini cukup sulit di tanam, rentan terhadap cuaca dan hama.

Kini Indonesia mempunyai banyak kopi dan telah diakui kenikmatannya di pasar internasional seperti Simalungun, Toraja, Aceh Gayo, Mandailing, Sidikalang dan lainnya. Berikut ini 5 kopi arabika yang enak dan wajib dicoba yaitu :

1. Kopi Arabika Simalungun, Sumatera Utara

Kopi ini tumbuh dipinggiran danau toba dengan ketinggian 900-1.400 dari atas permukaan laut (m.dpl). Terletak di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Kopi ini memiliki cita rasa yang enak dan berkualitas terbaik dibuktikan dengan uji fisik tanpa adanya serangga hidup, tidak berbau busuk dan kapang. Sehingga, kopi ini banyak peminatnya.

Aroma kopi Arabika Simalungun sangat khas yaitu merupakan gabungan dari aroma asap, kakao, bumi, tembakau serta kayu jati. Membuat para pecinta kopi langsung tertarik untuk meminumnya. Dengan rasa manis yang seimbang dan asam pada biji kopinya seta memiliki tekstur yang lembut.

2. Kopi Arabika Toraja, Sulawesi Selatan

Jenis kopi ini tumbuh di daerah pegunungan  Sulawesi daerah Toraja. Kopi Arabika Toraja dikenal sebagai “Queen Of Coffee” karena memiliki rasa yang seimbang dan unik.  Dengan tingkat keasaman yang rendah, teksturnya lembut dan halus, serta cita rasa yang fruity dan floral. Saat diminum, sensasinya kuat, menembus lidah.

Kopi Arabika Toraja sangat terkenal kenikmatannya. Rasa identik dari kopi ini adalah tembakau atau caramel dan kecokelatan. Dari sisi keasaman dan bentuknya medium, cocok bagi semua pecinta kopi yang tidak suka terlalu pahit maupun terlalu asam.

Selain itu, aroma herbal yang dimiliki kopi Toraja ini tidak ditemukan didaerah lain sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Satu hal yang dapat dibanggakan dari Kopi Toraja Indonesia ini adalah terkenal di mancanegara seperti di Amerika Serikat, Jepang dan Jerman, salah satunya adalah Key Coffee.

3. Kopi Arabika Malabar, Jawa Barat

Kopi Arabika yang enak juga terdapat di Malabar, Provinsi Jawa Barat. Malabar merupakan sebuah gunung merapi yang terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan ketinggian 2,343 meter di atas permukaan laut. Pascapannya sangat rapi dan terstruktur membuat hasil penanaman kopi menjadi salah satu yang terbaik.