Jenis Kopi Arabika Tipika, Kopi Langka Yang Sangat Nikmat

Persilangan kopi bourbon dan tipika merupakan hasil persilangan kopi yang sempurna, karena dapat menghasilkan kopi mundo novo karena dapat dipanen dengan hasil yang melimpah dan juga tahan oleh serangan hama. Tanaman ini, kebanyakan ditanam di atas tanah setinggi 1000 mdpl.

4. Maragogype

Maragogype merupakan kopi arabika tipika yang mudah untuk dikenali. Kopi ini merupakan mutasi dari kopi arabika tipika yang ditemukan di Brazil. Ukuran biji yang lebih besar membuat kopi ini mudah untuk dikenali. Pohonnya juga lebih tinggi dan tahan hama tetapi hasil panennya tergolong lebih rendah.

Kopi ini hanya tumbuh di daerah pegunungan ijen jawa timur dengan ketinggian 1000 – 1500 mdpl. Sehingga kopi ini dapat dipastikan akan memberikan nilai citarasa yang lebih dari jenis kopi tipika lainnya.

5. Gesha

Pesaing kopi tipika sebenarnya adalah kopi gesha, jenis kopi ini merupakan jenis yang misterius dari semua jenis kopi arabika. Selain sangat jarang ditemukan di pasaran, harganya pun juga sangat mahal. Kopi ini ditanam di panama.

Baca Juga :  Espresso Adalah Saripati Kopi Terbaik, Aslinya Rasa Kopi Hanya Ada Di Espresso!

Gesha merupakan varietas kopi arabika tipikas yang asli. Nama kopi ini diambil dari nama daerah pertama kali kopi ini ditanam, yaitu Gesha. Daerah tersebut berada di bagian Barat Ethopia. Pada tahun 2004 kopi ini menjadi juara di kompetisi best of panama dan membuat kopi ini meledak ke penjuru dunia.

Kopi gesha ini memiliki aroma yang halus dengan perpaduan aroma jasmine yang halus. Tingkat keasamannya lembut dan mengandung cita rasa buah-buahan. Jika lokasi perkebunan kopi ini lebih tinggi maka kualitas kopi gesha akan lebih istimewa.

Demikian penjelasan menarik tentang kopi arabika tipika, yang merupakan salah satu kopi terbaik yang ada di dunia. Sebagai penikmat kopi, kita tentu tidak boleh hanya berperan sebagai penikmat, namun wajib mengetahui jenis – jenis kopi yang ada. Konsumsi kopi hasil bumi Indonesia demi kemajuan petani di Indonesia.