Jenis Kopi Arabika Tipika, Kopi Langka Yang Sangat Nikmat

Kopi Arabika Tipika

Indonesia merupakan negara memiliki tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya tumbuhan yang ada di Indonesia. Terdapat jutaan jenis tumbuhan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah tanaman kopi arabika tipika atau lebih di kenal dengan kopi arabika kalosi.

Kopi arabika tipika ini merupakan kopi langka, karena jenis kopi ini hanya bisa ditemui di dua negara yaitu Indonesia dan Brazil. Kopi jenis ini, hanya akan tumbuh pada tempat yang memiliki kondisi udara dengan suhu 4 derajat celcius namun kering. Berikut informasi unik terkait jenis jenis dari kopi arabika tipika:

1. Kopi Kalosi

Kopi arabika tipika kalosi merupakan kopi langka yang dijual belikan di daerah kalosi, sulawesi. Jenis kopi ini asalnya dari pribumi kalosi atau bahkan dari luar kalosi. Kopi jenis ini yang terkenal hingga penjuru dunia adalah kopi toraja arabika kalosi. Negara jerman, Amerika, dan jepang merupakan negara yang menyukai kopi jenis ini.

Aroma kopi ini sangat khas rempah-rempah, seperti ada kayu manis yang dipadu dengan jahe untuk menjadi sebuah kopi toraja arabika kalosi ini sangat istimewa. Selain itu kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah, dan memiliki tekstur yang lebih halus dari kopi lainnya. Kopi ini selain bisa menghilangkan rasa kantuk juga bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga :  Sejarah Dan Keunggulan Kopi Arabika Bowongso

Manfaat kopi ini bagi kesehatan adalah untuk melancarkan peredaran darah, membuat otak lebih tenang dan fresh. Lebih ampuh lagi, kopi ini mengandung zat antioksidan yang  dapat mencegah kanker mulut.

2. Kopi Bourbon

Kopi bourbon merupakan kopi hasil dari mutasi genesis tipika. Awalnya, bourbon ini ditanam di Perancis yang bibitnya hasil dari pemberian belanda dari sebuah pulau bernama Bourbon. Kemudian, tipika ini mengalami mutasi genesis karena terpengaruh oleh kondisi disekitar dan menghasilkan kopi berwarna merah, kuning, hingga oranye.

Kopi ini memberikan cita rasa yang manis, dan memiliki tekstur yang halus. Namun tanaman kopi tipika bourbon ini mudah rapuh dan hasilnya tidak sebanyak kopi pada umumnya. Kopi ini jika diseduh akan menghasilkan kenikmatan yang subur dan klasik. Kopi ini sering disebut sebagai inti sari dari kenikmatan dari tanaman kopi.

3. Kopi Mundo Novo

Jenis kopi tipika yang ada di daerah mundo novo, Brazil pada tahun 40an. Kopi ini merupakan salah satu keluarga arabika tertua yang ada di dunia. Kopi ini masih sejenis dengan jenis tipika yang disilangkan dengan bourbon.