5 Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia Yang Dikenal Sampai Mancanegara

Bagi para pecinta kopi, kopi jenis arabika merupakan jenis yang tidak asing lagi. Kopi jenis ini pun merupakan kopi yang banyak digemari baik di Indonesia sendiri maupun di mancanegara. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kopi arabika. Namun jenis Kopi arabika terbaik antara lain sebagai berikut:

1. Kopi Arabika Wamena, Papua

Kopi arabika terbaik yang pertama adalah kopi arabika Wamena, papua. Jenis kopi ini tumbuh dilembah bailem pegunungan Jayawijaya Wamena yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia. Kopi yang dikenal sebagai kopi organik ini mempunyai aroma serta cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi arabika yang lainnya.

Jika pada dasarnya kopi arabika ini ditanam pada ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), maka kopi ini ditanam di sekitar tebing dengan minimum ketinggiannya 2.000 mdpl. Proses panen dan lokasinya yang sulit dijangkau tersebut membuat kopi arabika Wamena ini semakin enak.

2. Kopi Arabika Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi arabika ini sering disebut dengan ratunya kopi. Karena mempunyai taste yang seimbang serta unik dengan tingkat keasaman yang sangat rendah, halus, lembut, serta cita rasanya yang floral dan fruity. Sensasi rasa kopinya pun kuat, serta sangat berasa di lidah. Selain itu terdapat rasa kecut, pahitnya pun muncul diujung lidah setelah tidak lama diminum.

Baca Juga :  8 Manfaat Cappucino Float Untuk Kesehatan

Kopi arabika Toraja ini pun sangat tersohor kenikmatannya. Rasa identik dari kopi ini antara lain kecoklatan, tembakau, serta caramel. Dari segi keasamannya sendiri serta body menurut mediumnya, cocok sekali bagi semua kalangan yang tidak suka kopi terlalu asam atau terlalu pahit. Selain itu aroma herbal yang dihasilkan kopi arabika Toraja ini tidak ditemukan didaerah lainnya. Hal tersebut merupakan ciri kas tersendiri dari kopi ini.

3. Kopi Arabika Malabar, Jawa Barat

Malabar sendiri merupakan sebuah gunung api yang berada di Pulau Jawa. Gunung ini terletak dibagian selatan kabupaten bandung dengan titik tertingginya 2,343 meter diatas permukaan laut.  Pasca pannya yang sangat rapih serta strukturnya membuat hasil kopi arabika menjadi salah satu yang terbaik.

Kopi yang berasal dari perkebunan Malabar ini dikenal dengan nama kopi java Preanger baik di Indonesia maupun di mancanegara. Kopi ini merupakan kopi jenis arabika yang mempunyai karakteristik rasa kekentalan serta keasaman medium ke atas, rasa dominan cokelat serta rasa akhirnya berupa rasa rempah bahkan terkadang rasa nangka.

Baca Juga :  Ciri Khas Kopi Arabika Bondowoso Yang Tidak Dimiliki Oleh Kopi Lain

4. Kopi Arabika Gayo, Aceh

Kopi arabika Gayo ini menjadi salah satu jenis kopi yang sangat banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat maupun diekspor ke luar negeri. Jenis kopi arabika Gayo ini mempunyai ciri unik serta kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi lainnya.

Kopi arabika Gayo ini pun mempunyai cita rasa yang lebih pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Aromanya pun sangat tajam, menjadikan jenis kopi ini pun sangat disukai oleh banyak orang. Meskipun kopi ini terasa pahit, namun uniknya kopi ini memberikan aroma gurih pada setiap tegukannya.

Kopi arabika Gayo ini pun merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari daratan tinggi tanah Gayo. Kopi yang sudah menjadi fair trade certified dari organisasi international fair trade ini pun sudah sangat terkenal sekali sampai ke luar negeri. Terlebih pada tahun 2010 kopi ini pun memperoleh peringkat tertinggi saat cupping skore. Hal tersebut membuat kopi ini semakin memantapkan kopi ini sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Baca Juga :  Cafe Brick- Cafe Jogja Yang Ada Live Musik, Favorite Anak Muda

5. Kopi Arabika Flores, Nusa Tenggara Timur

Flores sendiri terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan. Namun siapa sangka, dibalik keindahan alamnya juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmat. Salah satunya adalah kopi arabikaBanjawa. Kopi ini berasal dari daerah kabupaten Ngada.

Tanah yang dihasilkan dari tempat ini mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang membuat kopi yang ditanam di tanah ini mempunyai cita rasa yang nikmat. Kopi arabika ini pun mempunyai aroma cokelat, spicy, strong, citrus, bunga, kayu, sampai sedikit bau tembakau. Hal tersebut menjadi sebuah keunikan tersendiri dari kopi ini.

Itulah beberapa kopi arabika terbaik yang ada di Indonesia. Bagi para penggemar kopi khususnya penggemar kopi arabika, maka mencicipi jenis kopi arabika terbaik di Indonesia di atas sangatlah dianjurkan.