9 Kopi Arabika Terbaik Di Dunia Yang Wajib Diketahui

Kopi Arabika termasuk jenis kopi yang paling populer. Hal itu karena kopi arabika menyuguhkan cita rasa khas dan aman untuk semua kalangan. Bahkan kepopulerannya, membuat kopi jenis ini menjadi kopi arabika terbaik di dunia, sejatinya menikmati secangkir kopi menjadi kebiasaan rutin masyarakat Indonesia.

Semua belahan dunia menjadi saksi kekhasan aroma kopi arabika. Untuk itu sebagai pencinta kopi wajib mengetahui kopi arabika yang mendunia. Untuk itu dibawah ini ada 9 kopi arabika terbaik di dunia yang wajib dicoba, diantaranya:

1. Kopi Costa Rican Tarrazu

Jenis kopi arabika Costa Rican Tarassu merupakan hasil kopi dari Costa Rika yang dibanggakan karena tingkat keasamannya pas dan unik. Hal itu didominasi oleh idealnya tanah vulkanik sehingga menciptakan hasil kopi yang sangat harum dengan perpaduan rasa cokelat lembut dan jeruk.

2. Guatemala Huehuetenango

Daerah Guetemala termasuk penghasil kopi terbaik di dunia yang didukung eksplor biji kopinya yang istimewa. Apalagi Huehuetenango termssuk daerah nonvulkanik penghasil kopi terbaik. Sementara lokasinya terletak di kaki pegunungan nonvulkanik tertinggi di Amerika Tengah, yaitu Cuchumatenes. Di daerah ini kopi dapat dibudidayakan di lahan seluas 2000 meter dan dilindungi dari embun beku.

Baca Juga :  Kopi Kintamani, Kopi Arabika Bali Dengan Cita Rasa Unik

3. Kopi kolombia

Kopi Kolombia termasuk varietas kopi arabika terbaik. Biji kopi yang dihasilkan di Kolombia  paling banyak diproduksi setelah Brazil dengan biji kopi yang utuh secara sempurna. Biji kopi Kolombia ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ada sedikit aroma rempah-rempah dan kakao saat kopi kolombia diseduh.

4. Ethiopian Harrar

Ettiopian Harrar adalah biji kopi arabika yang terkenal di negara Ettiopia. Biji kopi ini dapat ditanam di ketinggian sekitar 1400 dan 2000 meter disebelah selatan Ettiopian. Bahkan kopi Harrar ini bernilai tinggi karena tingkat keasamannya yang unik dengan biji kopinya yang terkenal besar. Apalagi aroma rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga mendominasi biji kopi ini.

5. Mocha Java

Biji kopi Mocha Java merupakan biji kopi terbaik di dunia. Mocha Java juga termasuk perpaduan kopi Indonesia dan kopi mocca dari Yaman. Untuk itu rasanya cocok di lidah masyarakat berbagai dunia karena memiliki rasa buah didalam kopi. Kopi ini dapat menikmati keluarga bersantai saat sore usai bekerja, tentunya memberikan ketenangan pikiran setelah bekerja seharian.

Baca Juga :  Pecinta Kopi Harus Tau, Ini Perbedaan Kopi Arabika Dan Robusta

6. Kopi Gayo

Kopi Gayo termasuk komoditi keunggulan dari Aceh. Tepatnya dari dataran tinggi Gayo, bahkan kopi Gayo pernah mendapat tempat tertinggi saat cupping score di sebuah perhelatan kopi di Bali tahun 2010. Tentunya kopi Gayo mendapat sertifikat indikasi geografis, membuat kopi Gayo semakin diakui dunia sebagai kopi organik terbaik di dunia. Apalagi kopi Gayo memiliki aroma khas gurih yang tidak terasa pahit.

7. Kopi Toraja Atau Kalosi

Kopi toraja atau kalosi juga termasuk kopi arabika terbaik di dunia karena memiliki rasa sangat nikmat, tidak kalah dengan beragam jenis kopi arabika lainnya. Bahkan kepopulerannya melejit usai mendapat cupping tertinggi di Lelang Kopi Asosiasi Kopi Spesial di Surabaya tahun 2012 lalu. Untuk itu kopi jenis ini dikenal sebagai salah satu kopi terbaik dari Indonesia. Kopi Toraja memang memiliki karakter eskotik dan memiliki keasaman yang segar layaknya apel hijau atau stroberi. Bahkan terdapat rasa cokelat yang tertinggal di mulut konsumen usai menyesap kopi.

Baca Juga :  7 Manfaat Kopi Bagi Otak Yang Jarang Orang Ketahui

8. Kopi Mandheling Atau Lintong

Kopi ini berasal dari Sumatera Utara di Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Daerah itu merupakan daerah penghasil kopi terbaik di dunia dan diakui oleh penikmat kopi, untuk itu penikmat kopi wajib mencoba keunikan kopi yang dimiliki kopi Mandheling atau Lintong ini. Sementara menurut dunia internasional, kopi ini lebih dikenal dengan nama Sumatrea lintong mandheling, cita rasa kopi ini juga manis dengan keasaman yang halus dan aroma yang bertahan lama.

9. Colombian Milds

Kopi arabika terbaik di dunia selanjutnya adalah kopi Colombian Milds. Kopi ini muncul dari hasil pohon kopi spesies botani coffee arabica dan dibudidayakan di Kolombia yang merupakan penghasil kopi terbaik di dunia. Namun ciri Colombian Milds cukup unik, yaitu memiliki tingkat keasaman sedang dengan tekstur halus dan lembut.