Pengolahan, Ciri Khas Dan Sentra Kopi Arabika Temanggung

Kopi merupakan salah satu biji yang berasal dari tanaman kopi yang dulunya dibawa oleh para penjajah. Karena tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaatnya maka tanaman ini pun ditanam hampir diseluruh daerah di Indonesia termasuk Temanggung. Selain itu kopi ini pun mempunyai berbagai macam jenis, salah satunya adalah kopi arabika yang sangat terkenal sekali oleh para pecinta kopi. Di Temanggung sendiri terdapat jenis kopi yang satu ini. Berikut adalah informasi mengenai Kopi arabika Temanggung.

Pengolahan Kopi Arabika Temanggung

Masyarakat Temanggung sendiri merupakan salah satu faktor terpenting untuk mendapatkan biji kopi arabika yang berkualitas serta cita rasanya yang masih bisa bertahan sampai saat ini. Pada mulanya, proses dari kopi arabika Temanggung sendiri sudah berlangsung sejak tahun 80an.

Saat ini, masyarakat Temanggung sudah memasarkan hasil produksinya kewarung-warung setempat bahkan melalui online. Sedangkan untuk pengolahannya sendiri kopi arabika ini masih sangat sederhana, yakni terlebih dahulu biji kopinya dicuci, setelah itu dijemur, kemudian disangrai lalu digiling.

Baca Juga :  Intip Keuntungan Buka Cafe Disini!

Perkembangan dari pemasaran biji kopi Temanggung ini pun tidak hanya menonjolkan kemasannya saja. lebih dari itu, kopi ini pun mengandalkan juga karakter serta ciri khususnya. Karakter dari kopi ini pun tidak jauh berbeda dengan karakterk kopi lainnya, namun ciri khusus dari kopi inilah yang menjadikan kopi ini semakin berkembang serta merambah ke seluruh pasar di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Sehingga kopi arabika Temanggung ini tidak hanya dinikmati oleh warga Indonesia saja, lebih dari itu bisa dinikmati oleh mancanegara.

Ciri khas kopi arabika Temanggung

Kopi arabika Temanggung ini pun sendiri mempunyai ciri khasnya yang tidak dimiliki oleh kopi lainnya. Adapun ciri khas kopi arabika Temanggung sendiri adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai Cita Rasa Tembakau

Kopi khas jawa tengah ini sendiri terbukti sangat berkualitas karena memang di tanam di daerah dataran tinggi yang sangat cocok untuk ditanami kopi. Bukan hanya itu saja, disamping tanaman kopi, daerah ini pun sangat cocok ditanami tembakau. Maka dari itu tanaman tembakau ini mempengaruhi cita rasa dari kopi arabika Temanggung ini.