Informasi Seputar Kopi Arabika Sigarar Utang

Kopi arabika sigarar utang merupakan kopi yang berasal dari daerah Tapanuli Utara. Tanaman kopi ini berasal merupakan kopi khas yang berasal dari Sumatera Utara bahkan sekarang menjadi andalan. Berikut ini adalah seputar informasi tentang Kopi arabika sigarar utang :

Sejarah Kopi Arabika Sigarar Utang

Nama “sigarar utang” berasal dari bahasa batak toba yang berarti “si pembayar utang”. Konon katanya hasil penjualan dari kopi ini sering digunakan petani untuk melunasi hutang. Di wilayah Tapanuli Utara ini, banyak petani yang menggantungkan hidupnya dari bertani kopi, bahkan banyak yang beralih profesi dari petani padi menjadi petani kopi.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1988 di kebun kopi milik Opung Opan yang berlokasi di Dusun Batu Gajah, Desa Paraningan Utara, Kecamatan Lintongnihuta menurut pengakuan petani setempat.

Hasil dari bertani kopi ini sudah sangat tidak diragukan memang sangat menguntungkan karena kopi ini menghasilkan cita rasa yang “speciality premium” sehingga banyak orang meminatinya. Kopi Arabika ini tumbuh subur pada ketinggian 700-1700 mdpl didaerah pegunungan.

Walaupun secara genetik kopi ini belum diketahui asal muasalnya namun diduga tanaman ini ada karena hasil perilangan antar varietas typica dan tipe kate yang terjadi secara alami. Maka dari itu Kopi sigarar utang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian NOMOR: 205/Kpts/SR.120/4/2005 Tentang Pelepasan Varietas Kopi Sigarar Utang Sebagai Varietas Unggul.

Baca Juga :  Rekomendasi Café Terbaik di Jogja

Ciri-ciri Tanaman Kopi Sigarar Utang

Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman kopi sigarar utang :

  • Tanaman ini memiliki perawakan semi katai, batang pokok tidak tampak dari luar.
  • Mempunyai Sifat percabangan sekunder yang sangat aktif bahkan cabang primer di atas permukaan tanah mempunyai bentuk kipas berjuntai menyentuh tanah.
  • Warna Daun tua ialah hijau tua.
  • Warna Daun muda ialah cokelat kemerahan.
  • Memiliki tepi daun yang bergelombang dan bentuk daun panjang meruncing.
  • Warna Buah muda berwarna Hijau dan warna buah masak berwarna merah cerah
  • Bentuk buah mempunyai ukuran besar.

Keunggulan Tanaman Kopi Arabika Sigarar Utang

Perbedaan signifikan antara tanaman kopi ini dengan kopi jenis lain adalah :

  • Dalam kurun waktu 1 tahun 3 bulan, tanaman ini sudah berbuah.
  • Dalam kurun waktu 1 tahun 5 bulan, tanaman ini sudah berproduksi.
  • Tanaman ini berbuah terus menerus dan dipanen 1 kali dalam seminggu (Waktu menuju panen yang singkat).
  • Masa kosongnya hanya berlangsung 2-3 bulan.
  • Mempunyai pengakuan dari Starbucks yang sudah diakui dan pernah mengalahkan produksi kopi Brazil.
Baca Juga :  Jenis Dan Manfaat Kopi Toraja Yang Wajib Diketahui Penikmat Kopi

Varietas Kopi Sigarar Utang

Produktivitas dari kopi ini mencapai 1500 kg per hektar. Mempunyai biji berukuran besar yang rentan terhadap hama bubuk buah dan nematoda dan cukup tahan pada karat daun. Keuntungan yang diperoleh menurut pengakuan para petani adalah memperoleh omset 8-9 juta per sekali panen, dan untuk modalnya sekitar 2-3 juta saja. Untuk harga biji kopi ini dijual berkisar stabil.

Keistimewaan Kopi Sigarar Utang

Keistimewaan Kopi ini selalu dijaga mulai dari penanamannya dan kondisi cuaca saat memulai penanamannya. Kopi sigarar utang ini berasal dari benih pilihan dan perawatan optimal yang tentu saja sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Yang menjadi pembeda antar kopi arabika jenis ini dengan jenis yang lain ialah pemrosesan kopi sebelum layak konsumsi melewati proses yang panjang yakni dari proses panen biji kopi yang sudah matang melalui tangan maupun mesin lalu dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong.

Setelah pengeringan, kopi ini melewati proses penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi dan terakhir adalah proses penghalusan atau penggilingan kopi. Maka dari itu cita rasa dari kopi arabika jenis ini memang sudah tidak diragukan lagi, karena secara kualitas sangat dijaga oleh para petani.

Baca Juga :  Resep Kopi Latte Dan Langkah-Langkah Pembuatannya Yang Sederhana

Karakteristik Produk Akhir

Kopi arabika sigarar utang ini memiliki aroma kopi yang sangat kuat, tingkat kekentalan yang ringan hingga sedang, dan tingkat keasaman tinggi, dan mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah dibanding kopi robusta sekitar 0.8-1.5 persen.

Itulah beberapa informasi seputar Kopi Arabika Sigarar Utang yang mungkin masih belum dikenal oleh masyarakat luas. Perlu diketahui kepopularitasan kopi khas nusantara ini sudah dikenal dan diekspor ke luar negeri melalui salah satu perusahaan kopi swasta di Medan, Sumatera Utara.