Rekomendasi 5 Kopi Arabika Paling Enak Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang membudidayakan tanaman kopi. Tak khayal jika Indonesia memiliki berbagai macam kopi arabika. Sudah banyak dunia yang mengakui bahwa kopi arabika paling enak ada di Indonesia. Ada lebih dari 15 daerah di Indonesia penghasil kopi arabika unggulan dan rasa yang enak.

15 negara ini memiliki rasa kopi yang berbeda-beda. Hal ini membuat para pecinta kopi kebingungan saat ingin mencoba rasa kopi arabika khas Indonesia. Namun ada beberapa hal yang diperhatikan para pecinta kopi saat memilih yaitu, kekentalan kopi, rasa dan keasaman. Nah, berikut rekomendasi 5 kopi arabika paling enak di Indonesia:

1. Kopi Wamena

Kopi Wamena merupakan kopi yang berasal dari daerah Papua. Jenis kopi ini merupakan jenis kopi langkah. Mengapa?  Karena kopi arabika ini ditanam di ketinggian 1200 mdpl. Selain itu kopi ini sangat susah dipanen, untuk memanen nya mengharuskan kita naik gunung terlebih dahulu.

Hal ini membuat kopi ini semakin enak, begitu juga dengan harga jual kopi yang sangat tinggi. Kopi Wamena merupakan kopi arabika paling enak karena memiliki rasa yang seimbang antara manis dan asam. Kopi ini juga sering menjuarai kompetisi nasional dan internasional. Sehingga membuat kopi wamena selalu diburu oleh pecinta kopi.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Kopi Arabika Wonosobo

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi arabika paling enak yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi. Jenis kopi ini memiliki kekentalan yang tebal serta rasa asam yang rendah. Rasanya didominasi cokelat. Aroma yang ditimbulkan oleh kopi didominasi oleh wangi rempah dan kayu manis. Tak khayal jika kopi ini menjadi favorit di kalangan pecinta kopi.

Rasa dan aroma kopi khas ini, membuatnya banyak disukai oleh pecinta kopi baik dalam negeri dan luar negeri. Hal ini juga membuat harga kopi menjadi mahal.  Kopi Toraja bisa dinikmati oleh siapa saja dan cocok untuk semua kalangan. Mengapa? Karena rasanya yang tidak terlalu asam dan juga tidak terlalu pahit.

3. Kopi Malabar

Kopi Malabar merupakan kopi yang berasal dari Jawa Barat. Jenis kopi Arabika ini ditanaman di daratan yang tidak terlalu tinggi. Namun Kopi Malabar mempunyai proses pasca tanam yang terstruktur dimulai dari natural process, semi wash sampai full wash. Hal ini yang membuat hasil panen Kopi Malabar memiliki rasa yang bagus.

Baca Juga :  Alasan Café Brick Enak Buat Nongkrong

Kopi Arabika ini memiliki rasa yang unik, memiliki kekentalan yang tebal dan rasanya didominasi oleh cokelat. Hal inilah yang membuat Kopi Malabar menjadi favorit diberbagai pecinta kopi baik didalam negeri maupun di luar negeri.

4. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan kopi arabika yang berasal dari Gayo, Aceh. Tanaman kopi ini sebagian besar dibudidayakan di daratan tinggi Aceh. Kopi ini mempunyai aroma & rasa yang khas dan unik serta tingkat  kekentalan yang tebal. Keasaman kopi rendah dan rasa tidak pahit. Hal ini membuat Kopi Gayo sangat digemari.

Kopi Gayo ini memiliki harga kopi yang paling mahal diantara kopi lainnya. Mengapa? Karena budidaya serta proses pemanenan yang sangat terstruktur dan selalu menjaga kualitas biji kopi. Hal ini membuat harga beserta rasanya menjadi seimbang dan fantastis. Tak khayal jika kopi ini menjadi kopi yang sangat digemari di belahan dunia.

5. Kopi Flores

Kopi Flores merupakan salah satu kopi arabika paling enak di Indonesia. Jenis kopi Ini dibudidayakan di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Kopi ini memiliki karakteristik yang khas yaitu adanya perpaduan aroma tembakau dan nutty. Kopi Flores mempunyai tingkat keasaman yang seimbang serta kekentalan yang tebal. Sehingga menciptakan rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Baca Juga :  6 Kopi Arabika Di Indonesia Dengan Kualitas Terbaik

Kopi ini ditanam di tanah yang mengandung abu gunung berapi serta dibudidayakan secara organik. Cara seperti ini dapat mempengaruhi cita rasa beserta aroma dari Kopi Flores ini. Hal ini membuat Kopi Flores menjadi favorit dan sangat digemari oleh pecinta kopi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Nah, itulah 5 rekomendasi kopi arabika paling enak di Indonesia. Bagi para pecinta kopi yang kebingungan dalam mencari kopi terbaik, maka jadikan artikel ini sebagai referensi dalam memilih kopi. Kelima kopi ini memiliki rasa dan karakteristik kopi yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari selera penikmat kopi arabika. Selamat mencoba!