Jenis Kopi Arabika Malabar Dengan Cita Rasanya Yang Khas

Gunung Malabar yang terdapat di Bandung memang memiliki suasana yang masih segar dan asri. Suhu udaranya pun diketahui sangatlah dingin. Banyak sekali perkebunan yang terdapat pada gunung ini dari perkebunan the hingga perkebunan kopi. Untuk kopi yang dihasilkan dari perkebunan Gunung Malabar sering disebut dengan Kopi Arabika Malabar.

Salah satu kopi yang cukup terkenal di Indonesia yaitu jenis Kopi Arabika Malabar. Kopi jenis ini memiliki karakteristik yang unik. Keunikan dan karakteristik yang dimiliki kopi Malabar ini ternyata mampu membuat kopi ini menang di kompetisi kopi tingkat dunia. Tak heran banyak dari masyarakat lokal dan mancanegara menggemari kopi ini.

Kopi Arabika Malabar

Kopi Arabika Malabar memang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Jumlah pecinta kopi jenis ini pun terus meningkat. Maka dari itu, sudah terbukti jenis kopi yang menjadi favorit bagi nusantara adalah kopi Arabika Malabar. Istilah kopi Malabar yaitu Kopi Java Preanger sudah dikenal hingga seluruh penjuru dunia.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tak perlu diragukan pula kopi yang dihasilkan sangat berkualitas dan memiliki keunikan tersendiri untuk setiap jenisnya. Kopi Malabar terbukti menjadi salah satu kopi yang berkualitas dihasilkan oleh Indonesia.

Baca Juga :  Coffee Shop di Jogja Kekinian

Karakteristik Kopi Alabar Malabar

Kopi Arabika Malabar memiliki cita rasa asam yang medium. Tetapi ada pula yang memiliki cita rasa asam yang cukup tinggi. Penikmat kopi dapat memilih beberapa jenis kopi sesuai dengan tingkat keasamannya. Tempat pembudidaya dan cara pengolahan kopi ini juga sangat mempengaruhi tingkat keasaman yang timbul pada kopi ini.

Dominasi warna coklat yang dimiliki Kopi Malabar ini sangat unik. Rasa yang terdapat pada kopi ini juga didominasi dengan rasa rempah dan kadang juga terasa manis hingga akhir tetesnya. Untuk meracik kopi ini agar memiliki rasa yang khas, diperlukan ketelitian dan kemampuan meracik kopi.

Jenis Kopi Arabika Malabar

Kopi Arabika Malabar yang telah menjadi jenis kopi terfavorit sejak dahulu kala sudah sangat berkembang dan terus mengalami perkembangan. Karena terus mengalami perkembangan, kopi ini berkembang menjadi beberapa spesifikasi. Berikut akan diulas beberapa jenis kopi arabika Malabar yang sering dicari banyak orang:

1. Targetto Coffee Malabar

Jenis kopi Malabar ini dikemas dalam bungkusan yang sangat berkualitas dengan menggunakan zipper dan valve. Sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan sedang bersantai dan menemani waktu liburan. Pembuatan kopi ini sangat direkomendasikan dengan cara diseduh menggunakan metode pour over, aeroproses, metal filter.

Baca Juga :  Budidaya Kopi Arabika Alami Untuk Menghasilkan Kopi Terbaik

Biasanya kopi ini berasal dari perkebunan dataran Priangan. Jenis kopi ini sangat mudah ditemukan di berbagai marketplace.

2. Moonsoned Malabar AA Coffee

Cita rasa yang dimiliki kopi ini sangatlah unik. Dengan rasa tembakau dan licoricenya yang khas, kopi ini cukup menjadi favorit untuk beberapa orang. Proses produksi jenis kopi ini hanay terdapat di India. Untuk mendapatkan kopi ini, sangat mudah ditemukan di berbagai took online.

3. Kopi Arabika Malabar Speciality Coffee

Kopi ini sudah menjadi favorit bagi masyarakat internasional. Pembudidayaannya kopi ini dilakukan di Jawa Barat. Proses produksinya menggunakan metode washed dan pemanggangan yang medium membuat kopi ini menjadi primadona tanah air hingga ke mancanegara.

Hal menarik dari kopi jenis ini yaitu sudah bersertifikat internasional (SSAA) karena kualitasnya yang sangat baik untuk jenis kopi arabika. Untuk dapat menikmati kopi ini dengan rasa yang sangat mantap, seduh kopi ini dari 5-7 hari setelah tanggal pemanggangan. Dijamin cita rasanya yang khas dan aroma yang mantap dapat dinikmati oleh pecinta kopi.

Baca Juga :  Kopi Arabika Kintami : Sejarah, Cita Rasa Dan Keunggulan

4. Kopi Arabika Java Preanger Malabar Natural

Kopi ini sering mengikuti berbagai perlombaan kopi tingkat internasional dan menjuarai di lomba-lomba tersebut. Aroma kopi ini yang terdiri dari buah-buahan seperti pisang dan nangka menjadi cirri khas yang sangat unik dari kopi ini. Seringkali kopi ini dikemas dengan menggunakan alumunium foil yang akan menjaga sensasi kesegaran kopi jenis ini.

Selain itu, ada beberapa cita rasa yang dimiliki kopi ini mulai dari manis, asam dan pedasnya yang sering menjadi incaran penikmat kopi. Kopi ini mudah ditemukan dalam berbagai toko online.

Masih banyak lagi jenis kopi arabika Malabar yang menjadi incaran penikmat kopi. Untuk mendapatkan cita rasa yang khas perlu digunakan trik-trik khusus agar rasa kopinya lebih nikmat.  Kopi ini sangat cocok untuk penikmat kopi di berbagai kalangan.