Karakteristik Dan Manfaat Kopi Arabika Java Ijen Raung Yang Nikmat

Kopi arabika java ijen Raung khas Bondowoso merupakan kopi yang sangat nikmat dan unik. Dimana salah satu kopi ini memiliki cita rasa asam jawa dengan perpaduan pedas tak terasa. Pahit dari biji kopi pun tidak terasa pekat, bahkan aromanya sangat khas sekali dengan bau bunga hutan. Maka dari itu kopi Java Ijen Raung mendapat sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari kementerian hukum dan HAM. Yang membuat kopi ini semakin digemari oleh pecinta kopi Indonesia.

Karakteristik Kopi Arabika Java Ijen

Jika Indonesia dikenal dengan penghasil kopi no 1 di Dunia, maka satu kopi yang wajib di coba yaitu Kopi Arabika Java Ijen Raung. Dimana kopi ini memiliki sebuah cita rasa yang khas. Dimana kopi ini mengalami pencucian dalam proses dan tumbuh berada di timur Kawah Ijen, dalam ketinggian 1400 meter. Kopi ini memiliki karakteristik yang sangat unik dan tentunya berbeda dari kopi lainnya. Karakteristik tersebut seperti :

  • Jika dibandingkan dengan kopi arabika lainnya, kopi khas Bondowoso ini terbilang kopi Arabika yang lebih ringan dengan tingkat keasaman rendah. Sehingga rasa asam yang dihadirkan pun sangat eksotis .
  • Cita rasa yang dimiliki pun sangat unik, yaitu memiliki rasa kacang-kacangan dan sedikit berasa seperti coklat jika dicicipi. Aroma yang khas pun akan terasa saat diseduh pertama kali.
  • Kopi java ijen raung ini memiliki tekstur yang lembut sehingga terkesan manis dalam penyajiannya.
Baca Juga :  Tempat Makan Jogja Unik Yang Harus Anda Coba

Karakteristik inilah yang membuat kopi java ijen raung patut mendapatkan sertifikat IG. Dengan cita rasa yang khas dan unik ini membantu perkebunan petani kopi semakin dicari. Dan komoditasnya pun semakin tinggi.

Metode Penyeduhan

Setelah karakteristik terbentuk, kali ini metode penyeduhan pun juga menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Seperti apa metode penyeduhannya, ada 3 cara penyeduhan yaitu :

  • Metode Tubruk.
  • Saring (dripping).
  • Espresso.

Dari ketiga metode tersebut menghasilkan selera yang berbeda. Contohnya pada metode seduh dripping, aroma kopi akan terasa pekat dilidah. Dengan kombinasi tanpa gula yang membuat rasanya semakin terasa aslinya.

Dan satu lagi cara penyeduhan dengan cita rasa Luwak. Dimana kopi arabika java ijen raung yang dipadukan dengan fermentasi Luwak, akan semakin mahal harganya. Jadi metode ini bisa dikatakan penyeduhan termahal.

Manfaat Kopi Java Ijen Bagi Kesehatan

Dilihat dari karakteristik kopi khas Bondowoso, memiliki dampak terbaik bagi tubuh. Yang mana kopi Arabika Java Ijen Raung memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya berikut penjelasannya :

Baca Juga :  Nikmatnya Kopi Arabika Banjarnegara, Rasanya Juara Se-Nusantara

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Banyak yang kurang percaya bahwa kopi bisa membantu penurunan berat badan. Tapi nyatanya menyeduh kopi bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Dimana kandungan dari kopi yang berupa kafein ini dapat membantu pelepasan lemak jahat dalam tubuh. Sehingga kopi java ijen bisa digunakan sebagai pola diet.

2. Sebagai Antioksidan

Menurut para pakar peneliti, kopi ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada didalam biji kopi memiliki lebih banyak antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Faktanya, beberapa kopi terbaik telah terbukti sebagai sumber antioksidan nomor satu untuk diet ala orang Amerika. Maka kopi java ijen sangat baik dikonsumsi oleh siapapun sebagai penambah antioksidan.

3. Memperkuat Ingatan Atau Sistem Kerja Otak

Jika selalu merasa ngantuk, minuman kopi ternyata bisa menenangkan suatu pikiran dan juga dapat mempertajam ingatan dalam jangka panjang maupun pendek. Terlebih lagi dengan adanya cita rasa dari kopi arabika java ijen raung, ini membuat penggemar kopi semakin menikmatinya. Dengan begitu sistem kerja otak akan cenderung kuat dalam cara mengingat dan kecepatan reaksi seseorang.

Baca Juga :  Luar Biasa! Ini 8 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Mungkin banyak yang belum paham tentang manfaat dari kopi hitam java ijen raung. Ternyata kopi ini bisa menurunkan kadar gula yang berlebihan sehingga menjadi penyakit diabetes yang selama ini masih sulit disembuhkan. Dengan mengkonsumsi kopi ini penyakit diabetes bisa menurunkan penyakit diabetes.

5. Sebagai Kecantikan Kulit

Dan satu lagi manfaat terbesar dari kopi hitan Java Ijen adalah untuk proses kecantikan. Dimana sel hitam pada kulit dapat terangkat sehingga kulit menjadi halus. Dengan adanya kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, dari sinilah kopi ini bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Nah, bagaimana ? Sudah mengerti bukan betapa bermanfaatnya mengkonsumsi kopi. Maka jangan salah pilih lagi kopi Arabika Java Ijen Raung selain bisa dinikmati ternyata kopi tersebut juga memiliki kaya akan manfaat yang terkandung didalamnya. Terlebih lagi aturlah konsumsi gula saat meminum kopi agar sensasi rasa yang khas bisa dirasakan.