Mengenal Kopi Arabika Flores Yang Sudah Mendunia

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Salah satu produsen kopi yang memiliki citarasa unik dan nikmat adalah Flores. Dengan iklim tropis, tanaman kopi tumbuh subur di Flores dengan hasil yang sangat memuaskan. Salah satu yang paling populer adalah kopi Arabika Flores.

Kopi ini berasal dari dataran tinggi kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Flores memiliki dua jenis kopi yang cukup nikmat yaitu Manggarai dan Bajawa. Bajawa sendiri merupakan kopi jenis Arabika yang sudah mendunia dan disukai para penikmat kopi.

Budidaya Kopi Arabika Flores

Flores merupakan salah satu kepulauan yang ada di Indonesia bagian timur. Salah satu daerah di kepulauan Flores yang menghasilkan biji kopi terbaik adalah Bajawa. Bahkan kopi yang dihasilkan tersebut sudah menyebar hingga ke seluruh dunia.

Perkebunan kopi di dataran tinggi Ngada ini mencapai 1.000 hingga 1.550 mdpl. Dengan iklim dan curah hujan sekitar 2.500 mm per tahun membuat bulan Juni hingga Oktober menjadi bulan-bulan kering.

Bajawa Flores ini memiliki daerah yang sangat subur dan alami. Dengan demikian kopi Arabika Flores tumbuh dengan baik di perkebunan Bajawa yang memiliki ketinggian di atas 1300 mdpl. Uniknya, semakin tinggi perkebunan kopi tersebut berada maka kualitas kopi yang dihasilkan semakin baik.

Baca Juga :  Kopi Arabika Berasal Dari Mana? Ketahui Jawabannya Disini

Kopi Arabika yang berasal dari Flores ini menjadi penyumbang ekspor kopi terbesar untuk Indonesia. Tidak heran jika kopi Arabika Flores ini ditawarkan dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kopi daerah lainnya. Beberapa negara yang diekspor kopi ini adalah Amerika, Eropa dan lain sebagainya.

Kopi Flores ini mudah tumbuh dan dapat diproduksi cepat. Bahkan usia produksi dari kopi ini mencapai 20 tahun. Untuk kapasitas setiap produksinya yaitu 4-5 kg per pohon. Dengan hasil produksi yang cukup tinggi ini, membuat kopi arabika asal Flores ini mampu menembus pasar internasional.

Keistimewaan Dan Keunggulan Kopi Arabika Flores

Kopi asal Flores ini memiliki beberapa keistimewaan dan keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan dari kopi yang sangat populer di seluruh dunia ini:

1. Pembudidayaan Organik

Yang istimewa dari kopi ini adalah cara pembudayaan atau pembuatannya. Kopi Arabika Flores ini dibudidayakan menggunakan cara yang organik. Di mana pupuk yang dipakai pada tanaman ini adalah pupuk alami tanpa menggunakan pestisida. Dengan cara alami tersebutlah kopi ini menghasilkan aroma serta citarasa yang sangat khas.

Baca Juga :  Budidaya Kopi Arabika Alami Untuk Menghasilkan Kopi Terbaik

2. Memiliki Aroma Dan Cita Rasa Yang Khas

Kopi Arabika Flores merupakan salah satu kopi yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. Kualitas dari kopi ini sudah tidak diragukan lagi. Kopi yang berasal dari Flores ini memiliki aroma yang sangat kuat. Dengan demikian kopi ini sangat menggoda bagi siapapun yang menghirup aromanya.

3. Memiliki Acidity Yang Medium

Kopi Flores ini memiliki tingkat acidity serta body yang medium. Dengan begitu kopi ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun karena memiliki rasa yang sangat balance. Selain itu, rasa dari kopi arabika ini juga sangat ringan, tidak seperti kopi pada umumnya.

Pengolahan Kopi Arabika Flores

Proses panen dari kopi Arabika Flores sangatlah selektif, sehingga banyak sekali hal-hal yang diperhatikan untuk dapat menghasilkan produk yang maksimal. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada hasil yang diberikan oleh kopi ini adalah cara pengolahannya.

Secara umum, pengolahan kopi ini tidak jauh berbeda dengan kopi pada umumnya. Hanya saja kopi yang satu ini memiliki perhatian tersendiri dalam pengolahannya, sehingga menghasilkan cita rasa serta aroma yang sangat kuat dan nikmat.

Baca Juga :  Jenis Jenis Kopi Nusantara Yang Wajib Dicoba

Untuk pengolahan pertama yang dilakukan adalah proses pengeringan terlebih dahulu. Selanjutnya dilanjutkan dengan proses sangrai pada derajat medium atau medium roast. Setelah menghasilkan warna yang sudah sesuai, proses selanjutnya adalah penggilingan. Penggilingan ini akan memberikan hasil tumbukan yang sangat lembut tanpa tersisa butiran biji kopi itu sendiri.

Bagi para penikmat kopi, untuk dapat memilih kopi yang baik tentu saja tidak sembarangan. Salah satu yang menjadi tolok ukur kenikmatan kopi Arabika Flores sendiri adalah cita rasanya yang sangat kuat atau off flavor. Tidak hanya itu, kopi ini juga memiliki aroma yang cukup kuat dengan rasa asam yang sedang.

Dan salah satu yang menjadi poin terpenting orang-orang menyukai kopi Arabika Flores ini adalah karena memiliki kekentalan dan rasa pahit yang cukup. Dengan demikian rasa dari kopi yang satu ini sangat seimbang dan pas. Tertarik untuk mencicipi cita rasa khas Flores ini?