Komposisi Coffee Latte Yang Mudah Untuk Dibuat

Cafe di Indonesia banyak tersebar dan dirasakan kenikmatan suasananya. Di kalangan pemuda tempat ini menjadi sebuah tempat yang asyik untuk dijadikan ngobrol santai bersama teman. Dalam sebuah cafe banyak ditawarkan minuman kopi dan salah satunya adalah coffee latte. Yang menjadikan coffee latte nikmat adalah ada banyak komponen komposisi coffee latte yang bercampur dengan pas.

Rasa khas dari secangkir kopi yang memiliki aroma sendiri yang bisa menjadikan peminum kopi menikmati setiap tegukannya. Kopi di Indonesia banyak sekali jenis dan bentuk yang bisa dinikmati. Kopi modern juga tidak kalah dalam persaingan cafe-cafe. Salah satunya adalah coffee latte. Berikut ini ulasan komposisi coffee latte yang istimewa :

1. Espresso

Bahan ini atau komposisi coffee latte espresso bisa digunakan dengan biji kopi yang disukainya. Jadi tidak usah bingung untuk membuat espresso. Tapi jika tidak melalui ekstraksi mesin espresso, maka itu bukan dikatakan espresso.

Misal saja dalam membuat coffee latte tidak ada espresso, maka bisa menggunakan kopi instan. Akan tetapi rasa yang dihasilkan mungkin akan sedikit berbeda, namun hanya orang yang sangat peka atau pecinta kopi yang bisa membedakan kalau ini terbuat dari kopi instan.

Baca Juga :  6 Manfaat Kopi Bagi Pria Yang Jarang Diketahui

2. Susu

Cairan yang keluar dari seekor hewan pemakan rumput ini banyak sekali digunakan dalam pembuatan produk makanan maupun minuman. Meskipun sebagai pelengkap, tapi tetap saja susu menjadi komposisi coffee latte yang tidak bisa ditinggalkan.

Susu yang digunakan adalah yang masih panas. Jadinya susu panas ini dimix dengan espresso yang sudah dipersiapkan tadi di awal. Sembari menunggu adonan dingin, lanjut ke step berikutnya. Karena ada beberapa step yang dilakukan secara terpisah.

3. Krim Kental, Gula Pasir

Krim kental digunakan untuk menambah rasa yang mantap dalam coffee latte. Selain itu juga ada gula pasir yang menjadi komposisi coffee latte lainnya. Gula ini harus menggunakan gula pasir, karena apabila menggunakan gula yang lainnya rasanya akan aneh dan itu bukan coffee latte.

Misal saja menggunakan gula merah. Maka yang terjadi akan tidak sesuai dengan coffee latte yang ada di cafe. Gula pasirnya pun harus yang halus dan bersih supaya manisnya terasa dan terlihat tidak keruh. Walaupun tidak berpengaruh besar dalam kenampakan karena gula dan krim kental ini nantinya dimix jadi satu.

Baca Juga :  Tempat Ngobrol Asyik di Jogja Yang Populer

4. Batang Coklat

Batang coklat yang digunakan nantinya diiris-iris dulu. Kenapa harus diiris? Ya supaya nantinya membuat mudah dalam pencampuran dengan bahan yang lainnya. Coba bayangkan misal batangan coklat besar dimasukkan dalam mesin pencampur (blender), pasti akan sulit bergerak dan membuat mesin rusak.

Coklat batang ini merupakan komposisi coffee latte yang bisa menambah cita rasa. Bisa menggunakan berbagai jenis macam coklat. Yang penting coklat itu belum expired saja. Irisan dari coklat batangan ini kemudian dimix bersama krim kental dan gula.

5. Es Batu

Komposisi coffee latte selanjutnya adalah es batu. Es batu bisa dibuat sendiri di rumah. Kalau saja tidak punya mesin pendingin bisa membeli di toko yang ada mesin pendigin, biasanya ada. Akan tetapi jika tidak menggunakan es juga bisa. Hal itu karena coffe latte bisa juga  disajikan dalam keadaan tidak dingin sehingga tidak memerlukan es batu.

Es batu yang digunakan bisa secukupnya sesuai selera agar tidak menjadikan hilang rasa khas dari lattenya. Biasanya es batu digunakan pada suasana yang sedikit panas. Akan tetapi tidak jarang juga ditemui pembeli minta dikasih es biar berasa dingin di waktu malam hari.

Baca Juga :  Mau Buka Bisnis Coffee Shop? Yakin Sudah Lakukan Hal-hal Ini?

6. Coklat Bubuk

Yang terakhir adalah coklat bubuk. Coklat bubuk biasa dan wajib digunakan dalam sebuah coffee latte. Coklat bubuk ini dituangkan apabila semua komponen sudah dimasukkan dalam cangkir. Komposisi coffee latte yang satu ini juga pasti ada dalam sebuah kopi instan yang masih berbau semacam ini.

Coklat bubuk ini bisa menggunakan berbagai macam coklat sesuai selera. Karena apabila sedang ingin membuat coffee latte sendiri bisa menghemat biaya apabila sudah memiliki taburan coklat bubuk. Dan komposisi coffee latte ini setelah ditaburkan bisa langsung dibentuk sesuai dengan keinginan. Biasanya berbentuk daun.

Ulasan diatas merupakan komposisi coffee latte yang bisa dibuat sendiri di rumah. Untuk menekan biaya pembuatan bisa menggunakan sisa bahan-bahan di dapur. Karena bahannya yang simple, semua orang bisa membuat coffee latte sendiri di rumah.