Keuntungan Usaha Cafe Belum Maksimal? Coba Cara Ini!

Berbisnis kini menjadi semacam tren baru yang banyak orang ikuti. Tidak hanya bagi pebisnis senior yang memang sudah berpengalaman di bidang tersebut, tidak sedikit pula pebisnis pemula yang mencoba peruntungan di dunia bisnis kuliner ini. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan berbisnis kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur jam kerja kita, pun fleksibel mengatur modal yang akan kita keluarkan, dan banyak lagi ke fleksibelan yang bisa kita dapatkan dalam menjalakankan bisnis.

Bicara soal bisnis, jika Anda masih saja berpikiran bahwa bisnis itu identik dengan modal besar dan rumit karena banyak sekali hal yang harus di urus, buang jauh-jauh pikiran itu karena tidak semua bisnis butuh modal besar di awal dan tidak semuanya harus dibuat pusing karena kita sebenarnya bisa membuatnya menjadi mudah. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa modal adalah sepenuhnya dalam kendali kita. Jadi mau memulai dengan minim modal, tidak masalah, meskipun baiknya memang memulai bisnis dengan modal yang cukup dan besar karena tentu akanlebih mudah bukan dalam mengatur segala sesuatunya jika kita memiliki modal yang besar? Namun kembali lagi, dengan modal yang minim, asal ada niat, tetap bisa berbisnis kok.

Ada banyak bisnis bermodal kecil selain dalam bidang kuliner macam bisnis online dan lain sebagainya. Jika dalam dunia kuliner, ada bisnis rumah makan, angkringan, resto, bahkan cafe bermodal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan lumayan. Katakanlah dalam bisnis kuliner berbentuk cafe, kita memang butuh mengeluarkan banyak modal di awal, namun, terkadang dengan modal yang besar tersebut kita bisa lebih cepat mendapatkan ROI atau return on investment alias balik modal.

Baca Juga :  Buka Cafe Ternyata Semudah Itu!

Tentu sebanding bukan dengan modal besar yang kita keluarkan di awal? Tidak mengapa mengeluarkan banyak modal di awal tetapi bisa lebih cepat mendapatkan kembali modal kita ketimbang pelit modal tetapi lama ROI-nya. Namun, tidak berarti membuka bisnis kafe dengan minim modal tidak mungkin ya. Ada hal yang bisa kita siasati sehingga modal awal bisa lebih kecil dengan potensi keuntungan yang cukup tinggi.

Sebelum kita mulai masuk dan membahas soal keuntungan usaha cafe, mari kita bahas dari awal dulu ya, dari sisi permodalan. Biasanya dalam membuka usaha baru, satu yang paling banyak mengeluarkan modal adalah untuk sewa tempat dan setting tempat. Masalah “isi” biasanya tidak sebesar untuk biaya sewa tempat maupun setting dan decor cafe. Kemudianuntuk biaya lain-lain seperti biaya gaji karyawan dan sebagainya juga perlu dipertimbangkan.

Terkadang, kita masih terlalu menggampangkan untuk hire banyak karyawan sekaligus dengan asumsi kita akan lebihdimudahkan dengan hal itu,namun, akan lebih bijak bila kita hire beberapa karyawan saja dulu jangan terlalu banyak karena kita belum tahu kan bagaimana respon pasar nantinya. Syukur jika cafe kita akan cepat diterima oleh target pasar,  namun jika tidak, kita malah merugi terlalu banyak di awal.

Untuk meminimalisir modal yang kedua agar keuntungan usaha cafe kita bisa lebih maksimal adalah dengan cara mengelola kegiatan promosi bisnis Anda dengan menentukan target yang lebih spesifik. Jadi dalam memasarkan “nama” cafe, kita perlu tahu nih kemana kita perlu mempromosikan pertama kali, siapa yang jadi sasaran pasar kita, apakah golongan kelas tertentu, atau apa ada range umur atau ada kriterialain yang bisa membuat biaya promosi menjadi lebih murah. Salah satu media promosi terbaik saat ini adalah media online. Nah kita perlu memaksimalkan promosi melalui media online seperti via sosial media misalnya.

Baca Juga :  Mau Buka Bisnis Coffee Shop? Yakin Sudah Lakukan Hal-hal Ini?

Selanjutnya, kita perlu memberikan perhatian pada brand awareness. Brand awareness merupakan satu hal yang sangat penting. Tanpa hal ini, usaha Anda tidak akan berlangsung lama. Selain itu, brand awareness juga akan lebih meminimalisir biaay promosi kita karena dengan adanya brand awareness yang kuat dalam hal ini kaitannya dengan cafe yang kita miliki, berita tentang cafe kita dapat dengan mudah menyebar dengan sendirinya melalui pelanggan.

Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan brand awareness? Bisa dengan membuat konsep kafe yang kuat. Seperti pada Cafe brick misalnya. Cafe brick memiliki konsep unik yang tidak banyak dimilki atau mungkin satu-satunya yang ada, oleh karenanya, untuk masalah originalitas dan promosi sudah dengan mudah dan tanpa perlu pusing lagi. Jadi intinya, buat ciri khas kafe anda. Semakin unik cafe anda, semakin mudah diingat, semakin cepat menyebar. Selain itu bisa juga untuk membuat nama brand yang simpel dan mudah diingat. Atau bisa juga membuat nama cafe yang menarik atau memiliki makna yang kuat.

Cara selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan usaha cafe Anda bisa juga dengan cara menggunakan teknologi di dalamnya. Ada banyak sekali media berbasis teknologi atau digital yang bisa kita manfaatkan untuk lebih memaksimalkan keuntungan, salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan cafe kita pada Google Map. Hal ini akan sangat membantu, terutama jika lokasi Cafe Anda tidak berada di pusat kota atau berada di lokasi yangkurang strategis.

Masih soal teknologi, kita juga bisa mendaftarkan cafe kita pada aplikasi atau start up-start up yang berhubungan dengan kuliner, seperti misalnya GrabFood, Go-Food,Zomato, dan lain-lainnya. Dengan mendaftarkan cafe kita pada aplikasi-aplikasi atau star up seperti di atas, kita tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari konsumen yang dine in saja, tetapi juga dari pembeli online. Bukan tidak mungkin hal ini akan menambah keuntungan usaha cafe kita bukan?

Baca Juga :  Kenapa Kopi Arabika Papua Wamena Sangat Nikmat? Ini Rahasianya

Ada lagi satu cara yang bisa kita coba, jika tadi adalah cara yang kita gunakan untuk meningkatkan keuntungan usaha cafe, kita bisa lakukan cara ini pada Anda yang mungkin baru akan membuka atau mengembangkan usaha cafe. Jadi jika kita mungkin terlalu ribet untuk mengelola segala sesuatunya sendiri yang jatuhnya akan lebih banyak dana yang dikeluarkan, kita bisa mensiasatinya dengan membeli franchise cafe yangkini semakin banyak tersebar di Indonesia.

Berbicara soal franchise cafe, Cafe brick merupakan satu yang membuka tawaran franchise cafe. Bekerjasama dan dikelola oleh tim konsultan bisnis ahli yakni Panca Manunggal Lestari, franchise cafe brick ini digadang-gadang dapat meraup untung yang tidak main-main lho. Selain memilki brand awareness yang kuat karena konsep cafe yang begitu unik, Cafebrick ini juga menawarkan keuntungan usaha cafe yang lebih maksimal karena kita tidak perlu ribet mengurus urusan promosi dan lain sebagainya karena semua sudah all in.

Menarik bukan? itu tadi beberapa cara untuk memaksimalkan keuntungan usaha cafe yang bisa Anda coba, semoga dapat membantu menjawab pertanyaan anda mengenai keuntungan usaha cafe. Jangan pernah menyerah dalam berbisnis karena semua problem bisnis ada solusinya. Semoga artikel ini dapat membantu ya!