Kenali Ciri Konsultan Kuliner Terbaik

Sebenarnya ada satu strategi jitu untuk menjadi sama terkenalnya dengan bisnis kuliner yang sudah ada terlebih dahulu. Jika memang, kita masih belum memiliki knowledge dan experience di bidang kuliner, kita bisa mencari bantuan konsultan bisnis kuliner yang sudah lebih berpengalaman di bidang bisnis ini terlebih dahulu. Dengan menggunakan jasa konsultan bisnis kuliner yang notabene sudah memiliki pengalaman yang banyak di bidang kuliner, paling tidak kita bisa lebih terarah. Nggak mau kan, kalau bisnis yang kita jalankan kehilangan arah dan tujuan? Nah.

Jika Anda masih belum paham, siapa sih konsultan kuliner yang bisa Anda percaya, simak beberapa ciri-cirinya di bawah ini ya!

1. Konsultan kuliner yang terpercaya biasanya memiliki alamat yang jelas

Jika Anda sedang mencari konsultan kuliner, cari yang memang memiliki alamat yang jelas. Tidak sedikit konsultan bisnis atau konsultan kuliner yang hanya menyediakan konsultasi online sehingga tidak dapat “dicari” dimana lokasi pastinya. Hal ini cukup berbahaya mengingat akan sulit bagi Anda meminta pertanggungjawaban jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan memiliki alamat yang jelas, akan lebih nyaman juga untuk kita datang dan berdiskusi bukan?

Baca Juga :  Cari Konsultan Bisnis Kuliner? Cek Disini.

2. Mudah dihubungi, diajak bertemu dan berdiskusi

Alamat sudah jelas, namun sulit sekali dihubungi dan selalu sulit diajak bertemu, hal ini perlu menjadi perhatian juga. Agak riskan untuk mudah percaya sebelum Anda bertemu secara langsung dan berdiskusi dengan konsultan kuliner yang akan Anda ajak bekerjasama.

3. Memiliki portofolio yang jelas

Konsultan kuliner terbaik juga biasanya memiliki portofolio yang jelas. Akan ada dan dicantumkan pada website mereka, atau partnership di website klien-klien mereka. Konsultan bisnis terbaik bisa Anda lihat dari deretan klien yang pernah ditangani. Deretan klien yang ditangani biasanya mencerminkan kualitas si konsultan ini. Mencari konsultan kuliner dengan deretan klien yang jelas tidak sulit kok. Salah satu konsultan bisnis yang memiliki list klien yang cukup meyakinkan diantaranya yang pernah bekerjasama dengan salah satu Cafe ternama di Jogja, yakni Cafe brick, Cafebrick ber-partnership dengan konsultan kuliner Panca Manunggal Lestari yang memang sudah memiliki “nama” yang cukup baik dan hasil kerja yang nyata.

Baca Juga :  6 Kopi Arabika Di Indonesia Dengan Kualitas Terbaik

4. Company profile yang meyakinkan

Sebuah konsultan kuliner terbaik juga menyediakan company profile yang lengkap, dan tentunya meyakinkan. Kriteria seperti alamat yang jelas, visi misi yang jelas, background perusahaan yang jelas, perlu Anda cari tahu. Tentunya, seberapa meyakinkannya sebuah konsultan kuliner bisa Anda nilai sendiri bukan?

5. Memiliki rekomendasi dari mantan klien yang baik

Konsultan kuliner yang baik juga selain memiliki deretan mantan klien atau klien yang sedang ditangani, juga memiliki rekomendasi yang baik dari mantan klien. Anda bisa menggunakan konsultan kuliner yang direkomendasikan oleh rekanan Anda yang memang sudah pernah menggunakan jasa mereka. Rekomendasi dari mantan klien ini cukup baik untuk Anda pertimbangkan karena berarti mereka puas dengan kinerja si konsultan ini. Anda bisa “mencoba” konsultan kuliner tersebut.

6. Ngetes” konsultan kuliner sah-sah saja

Masih belum percaya dengan konsultan kuliner yang akan Anda ajak kerjasama? Coba saja ajukan beberapa pertanyaan untuk ngetes seberapa kompeten konsultan kuliner tersebut. Apakah benar-benar berkompeten, atau hanya tulisan di company profile saja yang terlihat berkompeten. Hal ini boleh saja Anda lakukan asal masih di dalam batasan. Jangan sampai menyinggung calon rekan bisnis Anda ya

Baca Juga :  Café Jogja Paling Kekinian Yang Wajib Anda Kunjungi

7. Konsultan kuliner memiliki track record yang bersih

Memiliki track record yang bersih dan legalitas yang jelas merupakan sebuah keharusan. Konsultan bisnis terbaik biasanya memiliki legalitas yang jelas dimana ia bernaung. Mengetahui hal ini juga merupakan hal yang bagus untuk kita karena jika ternyata konsultan binsis tersebut memiliki kinerja yang tidak seharusnya, kita bisa meminta pertanggungjawaban dari perusahaan tempatnya bernaung. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus ya. Konsultan kuliner yang jelas akan memiliki track record yang jelas dan bersih tanpa pernah sekalipun terlibat kasus dengan mantan klien. Anda bisa mencoba “kepoin” dengan cara mencari data yang anda butuhkan via online dengan keywords seperti “kasus konsultan kuliner XXX” dll. Semoga konsultan kuliner yang Anda akan ajak bekerjasama tidak termasuk ke dalam list konsultan bermasalah ya.