Mengenal Karakteristik Dan Jenis Kopi Robusta Asli Indonesia

Kopi Robusta merupakan jenis tanaman turunan dari spesies Coffea canephora. Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang berarti kuat, yang menggambarkan postur atau tingkat kekentalannya yang kuat. Tanaman jenis ini dapat tumbuh di dataran rendah, namun lokasi paling baik untuk membudidayakannya yaitu pada ketinggian 400-800 mdpl. Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman Kopi Robusta berkisar 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun. Untuk lebih dalam mengenal karakteristik dan jenis Kopi Robusta, simak ulasan berikut.

Karakteristik Tanaman Kopi Robusta

Beberapa jenis kopi yang sering didengar yaitu Kopi Robusta, arabika dan liberika. Ketiga jenis umum ini memiliki karakteristik dan tempat hidup yang berbeda beda. Untuk lebih jelasnya mengenai karakteristik taman Kopi Robusta yaitu sebagai berikut.

  • Akar. Tanaman ini memiliki perakaran yang dangkal. Oleh karena itu, pada pertumbuhan tanaman jenis ini membutuhkan tanah yang subur dan kaya kandungan organik. Tanaman Kopi Robusta cukup sensitif terhadap kekeringan.
  • Batang. Ciri ciri batang dari tanaman ini yaitu berkayu, keras, putih keabu-abuan. Cabang reproduksi pada tanaman kopi ini tumbuh tegak lurus. Buahnya yang dihasilkan dari cabang primer yang tumbuh mendatar. Cabang primer tersebut cukup lentur sehingga berbentuk seperti payung.
  • Daun. Bentuk daun agak bulat menyerupai telur dengan ujung daun runcing hingga tumpul (panjangnya 5-15 cm, lebar 4-6,5 cm). Daunnya tumbuh pada batang, cabang dan ranting. Pada batang dan cabang tumbuhnya tegak lurus dengan daun berselang-seling. Tanaman Kopi Robusta lebih relatif tahan terhadap penyakit karat daun.
  • Bunga. Tanaman Kopi Robusta sudah mulai berbunga mulai umur 2 tahun. Bunga tumbuh pada ketiak cabang primer. Pada tiap ketiak terdapat 3-4 kelompok bunga dan biasanya mekar di awal musim kemarau. Berbeda dengan tanaman kopi arabika, bunga robusta melakukan penyerbukan secara silang.
  • Buah. Buah robusta berdiameter 5 mm, dimana buah yang masih muda berwarna hijau, kemudian saat matang akan berubah menjadi kemerahan. Setelah matang penuh, buah robusta menempel dengan kuat pada tangkainya. Rentang waktu dari mulai berbunga sampai buah siap untuk dipanen sekitar 10-11 bulan.
  • Rasa, bau dan tekstur kopi. Rasa yang terdapat pada jenis Kopi Robusta menyerupai rasa cokelat. Selain itu, bau yang dihasilkan juga manis. Serta tekstur dari Kopi Robusta cenderung kasar dan memiliki warna yang bervariasi. Mungkin inilah yang menyebabkan pohon robusta lebih rentan diserang serangga.

 Jenis Kopi Robusta Asli Indonesia

Salah satu contoh varietas Kopi Robusta yang terkenal di Indonesia adalah Kopi Luwak. Biji Kopi Robusta ini dikumpulkan dari musang luwak.  Selain itu, Kopi Robusta yang juga populer di Negara Filipina adalah  Kape Alamid, dimana  Kopi ini memiliki rasa yang khas.

Mengenai kualitasnya, jenis Kopi Robusta lebih rendah dibandingkan dengan kualitas Kopi Arabika dan juga Liberika. Beberapa Kopi Robusta asli Indonesia yang terkenal dengan aroma dan cita rasanya yaitu sebagai berikut.

1. Kopi Robusta Lampung

Jenis kopi robusta ini merupakan produk andalan dari Provinsi Lampung. Kopi Robusta ini memiliki citarasa unik yang berasal dari pengolahan panjang untuk menghasilkan kopi berkualitas. Untuk menghasilkan citarasa terbaik pada sebuah kopi dibutuhkan proses panjang demikian juga dengan kopi Robusta Lampung ini. Kopi robusta dapat tumbuh di sekitar 600 mdpl dan kopi ini hanya dapat dikembangkan dalam lingkungan dimana kopi arabika tidak dapat tumbuh.

2. Robusta Dampit Malang

Selain dikenal sebagai penghasil apel, malang juga dikenal dengan komoditas Kopi Robusta yang punya potensi besar. Tepatnya di kawasan Dampit, yaitu  kualitas Kopi Robustanya sudah diakui di dunia dan saat ini telah banyak banyak di ekspor ke berbagai negara. Kopi Dampit memiliki tingkat kekentalan yang khas yaitu tingkat kekentalannya yang rendah. Selain itu, terdapat citarasa seperti cokelat dan bau tanah yang unik ketika kopi ini diseruput.

Di negara Eropa, Kopi Robusta Dampit sangat terkenal. Kopi Robusta asal Dampit ini dianggap punya “special taste” karena ditanam pada ketinggian lebih dari 800 mdpl dan memiliki struktur tanah yang baik.

3. Robusta Bali Tabanan

Kopi Robusta yang berasal dari Pulau Dewata ini terus dikembangkan, sejak banyaknya orang mengenal kopi arabika dari Kintamani yang saat ini mendunia. Jenis kopi ini memiliki rasa yang unik serta beraroma wangi cokelat nan menggoda. Ada ciri khas tersendiri yang dilakukan oleh petani dalam menanam Kopi Robusta ini. Jika biji kopi hijau dijemur di atas terik matahari, maka aromanya tercium wangi.

Itulah beberapa karakteristik dan jenis kopi robusta yang terdapat di Indonesia. Dari ketiga jenis kopi di atas, saat ini sudah terkenal di berbagai Negara dengan citarasa kopi robustanya. Semoga perkembangan perkebunan kopi di Indonesia dapat meningkatkan tingkat perekonomian bangsa.