5 Jenis Kopi Jawa Yang Harus Dicoba

5 Jenis Kopi Jawa Yang Harus Dicoba

Saat ini peminat dari kopi sangat banyak sekali. Bukan hanya laki-laki saja, perempuan pun tak luput untuk mencicipi minuman ini. Kopi sendiri sangat banyak sekali jenisnya. Tak terkecuali kopi dari tanah Jawa. Kopi Jawa saat ini dibudidayakan oleh PTPN yang khusus mengelola perkebunan kopi di Jawa. Kopi yang pernah menjadi primadona di abad 19 ini mempunyai tingkat keasaman yang rendah serta aromanya yang pekat dan rasanya yang manis. Berikut ini adalah beberapa deretan jenis kopi Jawa yang bisa dinikmati.

1. Singa Coffee Robusta Jawa

jenis kopi Jawa  yang pertama adalah Singa Coffee Robusta Jawa. kopi ini diproduksi oleh PT Puji Surya Indah, Gresik. Yang dijual di pasaran dalam bentuk bubuk dan diolah dari 100 % biji kopi robusta pilihan dari Jawa. Cita rasa kopi ini sendiri sangat ringan serta menghasilkan rasa serta aroma yang mantap namun lembut.

Kopi ini dikemas dengan berat bersih 180 gram dan dikemas dalam kemasan plastik namun tidak dilengkapi dengan katup pembuang udara. Kopi ini sudah tersedia di supermarket dan dijual di Tokopedia dengan harga sekitar Rp. 16.000.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Kopi Arabika Paling Enak Di Indonesia

2. Kopi Arabica Coffindo Java Specialty

Kopi Arabica Coffindo Java Specialty ini mengandung biji kopi arabika dari perkebunan kopi di pulau Jawa yang mempunyai cita rasa khas yakni aroma fresh caramel, kekentalan medium, keasaman yang tinggi, serta rasa seimbang dengan rasa akhir herbal chocolate. Untuk harga kopi ini sendiri dijual dalam kemasan 100 gram dengan harga sekitar Rp. 33.800.

Untuk cara penyajian kopi ini pun sangat mudah yakni dengan cara menuangkan 10 gr Kopi Arabica Coffindo Java Specialty yang dicampur dengan air yang bersuhu 90 sampai 95 deerajat celsius sebanyak 80 sampai 120 ml. Aduklah kopi tersebut sampai mengeluarkan aromanya yang sangat nikmat.

3. Biji Kopi Spesial Jawa Gunung Halu

Biji kopi ini merupakan biji kopi yang ditanam di Gunung Halu, Bandung. dengan ketinggian 1.400 mdpl. Tahapan proses dari biji kopi ini pun melalui Pulp Natural dengan varietas sigararutang dan Linie-S, serta dengan roast level light to medium. Dengan peraduan suhu, keadaan tanah, serta proses tersebut, menjadikan kopi Gunung Halu ini mempunyai cita rasa yang manis dengan keasaman yang dominan namun rasa pekatnya yang tipis bisa dirasakan di akhir.