Intip Modal Usaha Menguntungkan Dari Cafe Sederhana

Hal ini bukan berarati dengan budget seadanya, cafe kita jadi “ah yang penting asal jalan dulu”, jangan ya. Tetap semuanya perlu perhitungan. Untuk membuka satu cafe sederhana saja misalnya, kita membutuhkan kira-kira modal seperti di bawah ini:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Sewa Tempat Rp. 12.000.000 / tahun
Meja, kursi dan dekorasi Rp. 5.000.000
Perlengkapan makan (sendok, piring, dll) Rp. 1.250.000
Kompor, gas, pan dll Rp. 1.750.000
Bahan makanan dan minuman Rp. 1.000.000
Biaya cadangan Rp. 1.000.000
Total Biaya Rp. 22.000.000

 

Dengan gambaran modal awal di atas, Anda tentu dapat mengira-ngira bukan, mana yang sangat penting dan wajib ada di cafe anda, dan mana yang belum terlalu penting sehingga estimasi pembiayaan bisa digunakan untuk keperluan lain, begitu?

Nah itu baru estimasi modal awal belum termasuk biaya operasional seperti gaji pegawai, listrik, air, retribusi keamanan, dan lain-lainnya. Jika kita bisa mengelola modal awal dengan baik, dengan mengeliminasi yang sekiranya bisa kita siasati seperti sewa tempat, atau menggunakan seadanya peralatan terlebih dahulu sehingga dapat menghemat pengeluaran di awal.

Baca Juga :  Cafe Brick- Cafe Jogja Ulang Tahun Nyaman Dan Kekinian

Nah berbicara soal modal usaha menguntungkan dari caf sederhana, sebenarnya modal yang kita keluarkan akan sebanding dengan pendapatan yang akan kita peroleh. Masih belum percaya? Jadi begini, untuk sewa tempat yang mahal, merupakan ganti dari biaya promosi yang kita lakukan. Sebenarnya mencari lokasi mahal/murah, ramai/sepi itu sama saja pengeluarannya. Jika modal usaha menguntungkan dari cafe ini banyak kita keluarkan untuk sewa tempat di tempat yang memang ramai, kita akan terbantu dengan promosi.

Biasanya di tempat ramai, cafe kita akan auto terlihat sehingga tidak begitu membutuhkan banyak biaya untuk promosi, namun ya itu kita perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk sewa tempat. Sedangkan untuk tempat yang sewa-nya lebih murah, biasanya “agak kepinggir” dan hal ini membutuhkan promosi yang cukup gencar agar cafe dapat “terlihat”. Biaya yang kita keluarkan untuk promosi, jika memang kita memaksimalkanya bisa sebanding dengan sewa tempat yang mahal tadi lho.