Intip Modal Usaha Menguntungkan Dari Cafe Sederhana

Membuka bisnis cafe kini menjadi pilihan banyak orang, baik tua maupun muda. Memang, saat ini membuka bisnis atau berbisnis menjadi satu hal yang banyak diminati tidak hanya karena keuntungan yang mungkin didapatkan melainkan juga prestige yang didapat sebagai seorang owner cafe. Membuka usaha cafe memang dapat dibilang cukup prospektif dan menguntungkan, namun harus dibarengi dengan pengelolaan yang mantap supaya keuntungan dapat di push ke level maksimal.

Berbicara soal keuntungan membuka usaha cafe, kita sudah berkali-kali membahas tentang keuntungan yang bisa kita dapatkan dari usaha membuka cafe. Selain menghasilkan rupiah yang tidak sedikit jumlahnya, bisnis ini juga memiliki perputaran yang cepat sehingga dalam sehari, kita bisa mengetahui berapa keuntungan yang kita dapatkan, atau kerugian yang kita dapatkan untuk selanjutnya dapat segera melakukan tindakan yang tepat dalam pengelolaan kedepannya.

Dalam hal membuka cafe, memang modal yang mungkin akan kita keluarkan tidak sedikit. Ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian dalam menjalankan usaha ini. Satu yang paling menguras dompet biasanya adalah perihal lokasi. Dalam menjalankan bisnis ini, atau bisnis apapun, lokasi itu menjadi satu poin yang dapat dibilang cukup penting. Mudahnya begini, jika kita menginginkan konsumen yang banyak, akan lebih mudah jika kita membuka usaha ini dimana orang banyak berkumpul. Lokasi yang memungkinkan seperti misalnya di pusat perbelanjaan/mall, tempat-tempat yang dekat dengan fasilitas umum akan menguntungkan kita.

Kemudahan untuk mendapatkan konsumen di lokasi “ramai” seperti itu juga berbanding lurus dengan modal yang harus kita keluarkan. Dengan modal yang sedikit, mungkin kita hanya bisa menyewa tempat yang “sedikit kepinggir” dari pusat kota atau malah di desa. Namun jangan salah, tidak sedikit cafe yang memilih lokasi “agak kepinggir” dan berhasil survive kok. Jadi jangan takut untuk memilih lokasi yang tidak terlalu ramai ya. Hal ini bisa kita siasati dengan strategi promosi nantinya.

Baca Juga :  Mau Bisnis Cafe Hits Ala-ala London Street? Franchise Cafe Brick Aja!

Jika urusan lokasi beres, stigma bahwa buka usaha cafe itu butuh modal banyak sepertinya masih melekat ya. Jadi begini, memang usaha cafe membutuhkan modal yang tidak sedikit, itu memang benar. Namun hal ini tidak mutlak kok. Jadi modal yang kita keluarkan bisa lebih fleksibel sesuai dengan konsep apa dan mau dibagaimanakan cafe kita ini, bukan begitu? Jadi stigma bahwa membuka usaha cafe kita harus mengeluarkan modal habis-habisan, modal dua sampai tiga digit rupiah itu bisa terpatahkan kok. Kita bisa membuat cafe sederhana dengan budget seadanya.

Hal ini bukan berarati dengan budget seadanya, cafe kita jadi “ah yang penting asal jalan dulu”, jangan ya. Tetap semuanya perlu perhitungan. Untuk membuka satu cafe sederhana saja misalnya, kita membutuhkan kira-kira modal seperti di bawah ini:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Sewa Tempat Rp. 12.000.000 / tahun
Meja, kursi dan dekorasi Rp. 5.000.000
Perlengkapan makan (sendok, piring, dll) Rp. 1.250.000
Kompor, gas, pan dll Rp. 1.750.000
Bahan makanan dan minuman Rp. 1.000.000
Biaya cadangan Rp. 1.000.000
Total Biaya Rp. 22.000.000

 

Dengan gambaran modal awal di atas, Anda tentu dapat mengira-ngira bukan, mana yang sangat penting dan wajib ada di cafe anda, dan mana yang belum terlalu penting sehingga estimasi pembiayaan bisa digunakan untuk keperluan lain, begitu?

Nah itu baru estimasi modal awal belum termasuk biaya operasional seperti gaji pegawai, listrik, air, retribusi keamanan, dan lain-lainnya. Jika kita bisa mengelola modal awal dengan baik, dengan mengeliminasi yang sekiranya bisa kita siasati seperti sewa tempat, atau menggunakan seadanya peralatan terlebih dahulu sehingga dapat menghemat pengeluaran di awal.

Baca Juga :  Café Jogja Paling Instragammable

Nah berbicara soal modal usaha menguntungkan dari caf sederhana, sebenarnya modal yang kita keluarkan akan sebanding dengan pendapatan yang akan kita peroleh. Masih belum percaya? Jadi begini, untuk sewa tempat yang mahal, merupakan ganti dari biaya promosi yang kita lakukan. Sebenarnya mencari lokasi mahal/murah, ramai/sepi itu sama saja pengeluarannya. Jika modal usaha menguntungkan dari cafe ini banyak kita keluarkan untuk sewa tempat di tempat yang memang ramai, kita akan terbantu dengan promosi.

Biasanya di tempat ramai, cafe kita akan auto terlihat sehingga tidak begitu membutuhkan banyak biaya untuk promosi, namun ya itu kita perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk sewa tempat. Sedangkan untuk tempat yang sewa-nya lebih murah, biasanya “agak kepinggir” dan hal ini membutuhkan promosi yang cukup gencar agar cafe dapat “terlihat”. Biaya yang kita keluarkan untuk promosi, jika memang kita memaksimalkanya bisa sebanding dengan sewa tempat yang mahal tadi lho.

Jangan khawatir soal keterbatasan modal karena kini, dengan membuka sebuah cafe sederhana saja, keuntungannya bisa membuat kita bahagia kok. Jika memang kita terkendala modal atau stuck karena modal kita terbatas, ada baiknya untuk mencari solusi dengan datang dan berdiskusi dengan yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Datang saja ke kantor jasa konsultan bisnis untuk mencari solusi dari keterbatasan yang ada. Siapa tahu kan, dengan saling sharing bisa menambah wawasan soal bisnis cafe yang akan Anda kembangkan. Disana kita bisa bertanya soal bagaimana strategi yang baik, konsep yang epic dengan modal limit, dan banyak lainnya.

Baca Juga :  Keuntungan Usaha Cafe Belum Maksimal? Coba Cara Ini!

Nah berbicara soal konsultan bisnis, jika Anda belum memiliki gambaran dimana kiranya konsultan bisnis yang bisa diandalkan, coba lihat dari deretan klien yang pernah ditangani. Dari sini kita bisa melihat bagaimana kinerja konsultan bisnis tersebut, apakah termasuk yang kredibel atau ngabur-an. Kita memang wajib waspada tentang hal yang satu ini karena kita mempercayakan modal kita.

Dengan berkonsultasi pada jasa konsultan bisnis, kita juga bisa mencari tahu peluang usaha menguntungkan dari cafe sederhana. Menariknya, terkadang orang merasa sungkan atau takut untuk datang ke konsultan bisnis, padahal bisa jadi dengan bergabung atau berkonsultasi dengan konsultan bisnis, cafe yang kita kembangkan bisa lebih tepat sasaran dalam meraih profit.

Tidak banyak memang konsultan bisnis yang tahu bagaimana usaha menguntungkan dari cafe bisa dimaksimalkan, namun jika Anda berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya dan Anda sedang mencari konsultan bisnis yang bisa dipercaya, silahkan langsung saja hubungi Panca Manunggal Lestari yang contact-nya ada pada tab partnership di website ini. Konsultan bisnis yang berfokus pada dunia kuliner seperti cafe, resto dan bisnis kuliner lainnya ini, serta hospitality bisa membantu Anda dalam mencari konsep atau mencari inspirasi dalam mengembangkan bisnis Anda.

Itu tadi beberapa hal terkait modal usaha menguntungkan dari cafe sederhana yang semoga bisa menjadi gambaran bagi Anda yang baru akan memulai merancang bisnis cafe sederhana yang kini sedang hits di dunia bisnis kuliner. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi ya!