Intip Keuntungan Buka Cafe Disini!

Membuka usaha apalagi di bidang kuliner memang ngeri-ngeri sedap. Kok bisa? Karena bisnis di bidang kuliner merupakan satu bisnis yang sedang naik daun saat ini. Banyak orang yang kemudian banting stir ke dunia kuliner setelah tahu keuntungan yang wow dari bisnis ini. Sebelum kita mulai masuk ke apa saja sih keuntungan berbisnis atau membuka usaha kuliner, kita akan membahas terlebih dahulu ragam bisnis kuliner yang bisa dicoba.

Memutuskan untuk membuka bisnis apalagi bisnis kuliner memang, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sedikit gambaran pengeluaran yang pasti di awal bisnis ini adalah sewa tempat. Bisa saja sih kita meminimalisir pengeluaran dengan membuka usaha kuliner kita ini di rumah. Namun, siapa sasaaran atau targetkonsumennya kalau kita membukanya di rumah? Kecuali, jika rumah Anda memang terletak di perkotaan atau malah di pusat kota, akan lebih mudah untuk membuka usaha di halaman rumah. Itu sebuah keuntungan tentu saja.

Namun,bila kita memilih untuk menyewa tempat untuk membuka usaha baru kuliner tersebut, kita perlu memperhatikan hal ini: pilih harga sewa yang murah tetapi lokasi sedikit “dipinggiran” kota, atau di pusat kota dengan asumsi harga sewa yang tinggi namun tinggi juga potensi untuk mendapatkan konsumen. Semua bergantung pilihan dan modal yang Anda miliki. Itu baru soal sewa tempat.

Bila sudah mendapatkan tempat, cari bisnis kuliner apa yang kira-kira “pas” dengan lokasi Anda tersebut. Step 1-2 ini bisa kita bolak-balik ya, jadi bisa dimulai dari perencanaan mau membuka bisnis apa baru mencari lokasi, atau sebaliknya, mencari lokasi, cari target konsumen, baru perkiraan bisnis kuliner apa yang kira-kira cocok.

Berbicara soal ragam bisnis kuliner, ada banyak jenis bisnis kuliner yang bisakita pilih. Mulai dari yang bermodalkan tidak terlalu banyak seperti jajanan hits, angkringan kekinian ber-wifi yang kini sedang hype, atau bila modalyang kita miliki lebih, kita bisa membuka bisnis rumah makan, restauran, atau usaha cafe yang kini sedang banyak digemari.

Baca Juga :  Mengenal Kopi Arabika Java Preanger Yang Nikmat Dan Khas

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa banyak sekali yang kini beralih ke usaha cafe. Tidak lain karena bidikan calon konsumen yang mudah. Mungkin kita semua tahu bahwa orang kini apalagi anak muda, gemar ngopi. Tidak hanya sebagai hobi, namun ngopi kini berubah menjadi gaya hidup. Pergi ke cafe yang menyediakan banyak menu kopi menjadi salah satu media anak muda masa kini untuk  bersosialisasi. Budaya ngopi ini semakin naik daun ketika film yang dibintangi Rio dewanto tentang kopi ditayangkan. Setelahnya,banyak sekali coffee shop dan kafe kafe yang menyediakan menu kopi bermunculan.

Sebenarnya apa sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bisnis kafe? Beberapakeuntungannya antara lain:

1. Omset Menggiurkan

Keuntungan buka cafe yang pertama adalah bisnis ini mendatangkan omset yang menggiurkan. Benarkah? Mari kita kira-kira saja. Misalkan, jika harga biji kopi arabica green bean (yang belum di roasted) harganya Rp80.000/Kg, kemudian yang sudah di-roasted dan dalam bentuk bubuk dihargai Rp250.000-300.000. Mari kita hitung keuntungannya: Ambil contoh harga 1 cangkir kopi arabica dijual seharga Rp 20.000/cangkir.  Kemudian dari 1kg bubuk kopi tersebut katakanlah bisa untuk membuat 50 cangkir lebih,  50 x 20.000 = 1.000.000, itu baru dari kopi Arabica. Menggiurkan bukan?

2. Target pasar yang luas

Keuntungan buka cafe yang kedua adalah bisnis ini memiliki target pasar yang kuat. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa memilih berbisnis kafe apalagi yang menjual menu kopi, kita akan mudah menemukan target market. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan budaya ngopi yang sudah kita bahas sebelumnya. Fyi, hampir semua kalangan baik dari kelas atas hingga kelas menengah dan bawah, dari range usia remaja sampai dewasa, banyak yang suka ngafe.

Namun, guna memastikan kita mendapatkan keuntungan cafe yang satu ini, kita perlu menyediakan tempat yang nyaman dan menarik. Karena kini, fungsi cafe tidak hanya sebagai tempat cari makan, namun juga sebagai tempat gaul dan bersosialisasi. Hal ini perlu menjadi perhatian apalagi bila target konsumen Anda adalah millenial yang notabene suka atau gemar nongkrong di cafe sambil selfie.

3. Pilihan Menu yang Simpel

Keuntungan buka cafe selanjutnya adalah beragam pilihan menu yang simpel. Tidak seperti bisnis kuliner yang lain macam resto atau tempat makan lain,  jika kita ingin memulai bisnis cafe, kita bisa saja menawarkan menu sederhana yang dikemas dengan berbeda. Katakanlah kita bisa mengolah menu dari bahan dasar mie instan, atau roti tawar, kentang atau ketan. Kini banyak sekali kan olahan roti atau ketan yang menarik dan enak. Nah, itu bisa kita coba. Untuk minuman, kita bisa menawarkan beragam olahan menu kopi macam cappuccino, latte, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cari Konsultan Bisnis Kuliner? Cek Disini.

4. Hanya membutuhkan tempat berkonsep

Keuntungan buka cafe yang keempat adalah bisnis ini hanya membutuhkan tempat berkonsep menarik. Membuka usaha kuliner seperti cafe saat ini kita tidak perlu pusing takut tidak dapat pelanggan. Mengapa? Asalkan cafe kita nyaman, dan eye catching dengan konsep yang kuat, masa sih tidak ada yang tergoda untuk datang? Memiliki bisnis cafe dengan tema atau konsep yang kuat memang penting. Bukan tanpa sebab, kegemaran anak muda sekarang yang suka selfie bisa menjadi sarana promosi terbaik cafe kita. Jadi semakin menarik dan instagrammable cafe kita, semakin menguntungkan.

Cafe Brick di Jogjakarta memiliki konsep yang begitu kuat dengan mengusung London street sebagai tema atau konsep utama. Menariknya, tak hanya setting tempat di dalam cafe saja yang di set sedetail mungkin, tetapi juga di luar ruangannya atau bahkan di trotoar dan cat dan semuanya, benar-benar menggambarkan konsep yang kuat. Tak heran, banyak pengunjung datang tak hanya karena ingin makan, atau nongkrong tetapi justru malah hanya ingin foto-foto.

Baca Juga :  Keunikan Cita Rasa Dan Manfaat Kopi Arabika Bengkulu

5. Bisnis Jangka Panjang

Keuntungan bisnis cafe yang terakhir adalah bisnis ini merupakan lifetime business. Dimana masih ada anak muda gemar nongkrong dan ngafe, sepanjang cafe Anda menarik, pasti akan ada saja yang datang untuk sekedar duduk-duduksambil ngobrol cantik atau foto-foto. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengembangkan usaha atau bisnis cafe anda ini dalam bentuk franchise. Menarik bukan? Hal ini dapat anda lakukan jika Cafe Anda ini sudah memiliki nama yang cukup besar atau sesuatu hal yang menarik yang ”Cuma cafe anda yang punya”, baik itu dalam menu makanan, minuman,atau konsep cafe keseluruhan.

Itu tadi beberapa keuntungan buka cafe yang bisa kita peroleh. Kini, tak heran bukan mengapa banyak orang lebih tertarik untuk membuka usaha cafe ketimbang usaha kuliner lainnya? Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha serupa cafe brick, ada info menarik karena kini, cafe brick membuka franchise lho! Cek infonya di partnership di web ini ya! Selamat mencoba!