Double Espresso Adalah Keajaiban Dari Secangkir Kopi, Ini Informasinya

Double espresso adalah suatu keajaiban yang didapatkan dari secangkir kopi yang diungkapkan oleh Andrea Lily. Salah satu jenis kopi yang ditemukan di Italia ini hampir selalu menjadi favorit pecinta kopi khususnya Espresso. Menurut bahasa Italia, Espresso berarti express atau cepat.

Pembuatan double espresso menggunakan mesin khusus espresso agar rasa ekstraksi dari biji kopi dapat dirasakan dengan maksimal. Untuk mengetahui apakah espresso dibuat dengan cara yang tepat dapat dilihat dari crema di lapisan atas. Crema inilah yang menurut orang-orang Italia akan menghasilkan aroma yang sempurna.

Double Shot Espresso

Shot merupakan satuan yang digunakan untuk espresso. Biasanya double shot espresso disajikan dengan gelas cangkir yang sedikit besar. Double shot espresso seringkali menggunakan bubuk kopi sebanyak 16 hingga 24 gram. Untuk membuat double shot espresso juga perlu diperhatikan terutama pada basketnya.

Sajian minuman yang dihasilkan oleh double espresso pastinya lebih banyak dan ditambah dengan rasa yang khas memberikan keunggulan double espresso. Double espresso adalah salah satu kategori espresso yang memiliki beragam jenisnya. Espresso dapat menghasilkan beberapa macam kopi. Berikut akan diulas jenis kopi yang dibuat dari espresso khususnya double espresso.

Baca Juga :  Kenikmatan Kompleks Dari Kopi Arabika Sidikalang

1. Doppio

Doppio dikenal dengan minuman kopi yang dibuat dari double shot espresso. Biasanya doppio diekstrak dengan double coffee filter dalam portafilter. Doppio telah ditetapkan sebagai ukuran shot standar dalam membuat espresso. Umumnya doppio berukuran 60 ml.

2. Ristretto

Double espresso adalah salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat kopi jenis ristretto. Menurut bahasa Italia, Ristretto adalah terbatas atau pendek. Hal ini dapat dimaknai dalam pembuatannya cukup dengan satu dosis kopi yang diseduh dengan setengah dosis air.

Untuk membuat ristretto memakan waktu kurang dari 20 detik yang dibantu dengan tekanan tinggi. Ristretto memiliki rasa yang sangat kaya ditambah lagi tingkat kekentalannya yang menghasilkan minuman dengan volume 15-20 ml. Seringkali double shot ristretto digunakan sebagai bahan dasar membuat kopi. Uniknya, ristretto memiliki rasa yang chocolaty dan cukup manis.

3. Cafe Machiato

Cafe machiato dapat dibuat dengan double shot espress ataupun hanya dengan one shot espresso. Dalam membuat cafe machiato, double espresso adalah salah satu faktor yang dapat menentukan kekayaan rasa yang dihasilkan. Penyajian minuman cafe machiato diberi topping sedikit buih dari steamed milk.

Baca Juga :  Café Jogja Paling Kekinian Yang Wajib Anda Kunjungi

Arti dari minuman cafe machiato sendiri yaitu menodai atau marked yang dapat dilihat dari cara pembuatan espresso yang dicampur susu. Dengan campuran double espresso dan susu yang pas takarannya pastinya akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

4. Americano

Sudah tak asing dengan americano? Americano memang sudah sangat sering dipesan oleh pelanggan di toko minuman kopi. Untuk membuat americano membutuhkan double espresso yang dicampur dengan air panas dan perbandingannya adalah satu banding tiga atau empat.

Sering terdengar sejarahnya, tentara yang ada pada Perang Dunia ke dua yang berasal dari Amerika membuat minuman  yang komposisinya seperti Americano. Mereka katanya tidak mampu minum espresso murni yang ada di Italia. Maka dari itu, untuk menikmati kopi mereka cukup menyeduh air panas yang dicampur dengan espresso buatan Italia.

5. Long Black

Long black juga dibuat dengan menggunakan double espresso sebagai komposisi tepatnya. Untuk cara membuatnya cukup menuangkat double shot espresso dengan air panas dalam mesin espresso. Perbedaan dari long black dengan jenis kopi double espresso lainnya yaitu long black mempertahankan crema yang dihasilkannya.

Baca Juga :  Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta Yang Tidak Kalah Populer

Sebenarnya long black hampir sama cara pembuatannya dengan Americano. Tetapi karena crema dari long black ini sangat khas sehingga memiliki sedikit perbedaan dengan lainnya. Volume kopi dari long black ini cukup banyak. Sehingga penikmat kopi dapat merasakan long black dengan rasa yang intense.

Beberapa jenis double espresso dapat menjadi salah satu referensi dalam menikmati kopi agar tidak bosan dengan rasa yang sama. Memang benar double espresso adalah minuman kopi yang disajikan lebih banyak volumenya dari one shot. Ditambah  lagi dengan kekayaan rasa kopi yang khas membuat double espresso tak kalah banyak digemari masyarakat.

Carilah jenis kopi yang rasanya pas sesuai dengan lidah Anda. Pilihan dari jenis kopi double espresso dapat menjadi referensi untuk menemukan kopi yang pas di lidah. Sebuah keajaiban akan dirasakan ketika menikmati secangkir kopi.