Cara Menyeduh Kopi Arabika Yang Enak Dan Nikmat

Kopi merupakan salah satu hidangan yang banyak diminati di dunia. Selain memahami kualitas air, kualitas biji kopi, takaran yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya dalam pembuatan kopi. berikut ini adalah beberapa cara menyeduh kopi arabika yang enak bagi pecinta kopi, diantaranya :

1. French Press

French press yang memiliki nama lain plunger atau cafetiere merupakan alat untuk memisahkan kopi dari ampasnya. Metode ini sering ditemukan di kedai-kedai kopi. Salah satu keunggulannya adalah bisa mengekstrak paling banyak citarasa yang terdapat pada kopi bubuk. Peralatan yang digunakan bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang lumayan terjangkau.

Cara menyeduh kopi arabika yang enak dengan metode french press, cukup masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam french press. Setelah itu, masukkan air mendidih yang telah ditiriskan selama 1 menit di dalam french press. Pastikan dengan posisi yang agak tinggi dalam menuangkan air mendidih dari teko ke dalam french press.

Kemudian aduk secara merata, semakin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi menjadi lebih lembut. Proses terakhir dengan menekan kopi memakai tutup french press secara pelan-pelan. Lalu, masukkan racikan tersebut ke dalam gelas, dan kopi pun siap disajikan.

Baca Juga :  6 Kopi Arabika Di Indonesia Dengan Kualitas Terbaik

2. Pour Over Dengan Flat Bottom

Cara menyeduh kopi arabika yang enak selanjutnya adalah dengan menggunakan metode pour over dengan flat bottom. Metode pour over dengan flat botttom merupakan cara menyeduh menggunakan wadah dan saringan berbentuk kerucut dengan dasar rata. Saringan yang dipakai adalah kertas tipis dan bubuk kopi yang digunakan dalam ukuran medium atau sedang.

Gunakan air panas bersuhu 90 sampai 96 derajat celcius. Kemudian, tuangkan menggunakan cerek kecil secara merata dengan gerakan memutar seperti mengaduk kopi dalam waktu 2 hingga 2,5 menit. Hal ini dapat memungkinkan kopi mengeluarkan flavor yang dimilikinya dan terasa lebih ringan bodynya dan aftertaste yang clean.

3. Drip Method

Metode ini merupakan cara menyeduh kopi arabika yang enak dan banyak dilakukan oleh masyarakat karena terbilang simple dan mudah. Selain itu, metode ini selalu ada di setiap kedai atau cafe yang menjual minuman kopi. Drip Method bisa disebut dengan filter method karena cara pembuatannya yang melalui proses penyaringan atau filter.

Caranya, letakkan kopi bubuk pada kertas saring yang berada di atas bejana kopi. Kemudian, air dituangkan ke dalam kopi bubuk yang diletakkan diatas kertas saring menuju ke bejana kopi. Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopinya dan kopi siap untuk disajikan.

Baca Juga :  Ini Dia Tempat Makan Cozy di Jogja

3. Turkish Coffee

Cara menyeduh kopi arabika yang enak selanjutnya adalah dengan menggunakan metode turkish coffe. Metode turkish coffe atau juga biasa disebut dengan arab method. Cara ini merupakan cara pembuatan kopi pertama kali dan menghasilkan rasa kopi yang sangat kuat dan pekat.

Cara membuatnya, haluskan biji kopi secara manual dengan menggunakan lesung dan halu atau mesin penggiling kopi. Kemudian, taruh bubuk kopi di sebuah bejana yang disebut “ibrik” bersama gula dan air. Setelah itu, dididihkan tiga kali dan tuangkan ke dalam cangkir.

4. Espresso

Mesin Espresso merupakan salah satu diantara mesin yang canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya dapat dijalankan secara otomatis, termasuk juga dalam pengaturan suhunya. Cara membuat kopi arabika dengan mesin espresso tergolong cukup susah, terutama bagi yang pertama kali menggunakannya. Pertama, haluskan biji kopi dengan menggunakan mesin espresso.

Kemudian, letakkan biji kopi yang sudah lembut ke dalam porta filter namun pastikan telah di flushing dan dikeringkan sebelumnya. Setelah itu, pastikan permukaan kopi bubuk lembut di porta filter rata, dengan mengetuk porta filternya. Terakhir dengan melakukan ekstraksi espresso dengan menggunakan variable presseru yang dapat menciptakan rasa yang diinginkan.

Baca Juga :  Cafe Brick, Tempat Nongkrong di Jogja 24 Jam Paling Inspiratif

5. Vacuum

Selanjutnya metode vacuum atau bisa disebut dengan syphon method. Metode ini merupakan metode yang bisa dibilang cukup unik karena membutuhkan kesabaran untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat tanpa ampas. Alat yang digunakan untuk metode syphon tidak terlalu mahal dan banyak ditemukan di pasaran.

Cara membuatnya dengan menempatkan bubuk kopi pada tabung bagian atas dan air pada bagian bawah. Air yang berada di bagian bawah dan sudah dididihkan akan menguap dan masuk ke dalam tabung atas yang berisi kopi.

Selanjutnya, hentikan proses pendidihan airnya setelah semua air sudah berada di tabung atas. Kemudian, tunggu airnya sampai dingin dan setelah itu hanya menunggu air yang berada di tabung atas kembali ke tabung bagian bawah.

Itulah beberapa cara menyeduh kopi arabika yang enak bagi pecinta kopi. Bagi pecinta kopi yang ingin merasakan kopi ala-ala coffe dirumah, tidak perlu pusing dalam mendapatkan mesin pembuat kopi ini. Saat ini, sudah banyak mesin pembuat kopi di pasaran dengan harga terjangkau.