Cara Membuat Kopi Latte Dengan Mesin Yang Mudah Dan Praktis

cara membuat kopi latte dengan mesin

Siapa yang tak mengenal kopi latte? Ya, salah satu jenis kopi yang satu ini memang sangat terkenal di dunia. Kopi latte ini terbuat dari campuran kopi espresso dan susu sapi dan menghasilkan cita rasa kopi yang sangat nikmat. Meskipun hanya begitu, jangan heran kopi latte merupakan salah satu jenis kopi yang dibandrol dengan harga yang mahal. Akan tetapi, pada dasarnya semua orang bisa membuat kopi latte sendiri, lho. Penasaran? Inilah cara membuat kopi latte dengan mesin yang sangat mudah.

1. Kopi Digiling

Cara membuat kopi latte dengan mesin yang pertama adalah espresso yang merupakan bahan utama harus dibuat terlebih dahulu. Espresso ini merupakan kopi yang diproses dengan mesin espresso untuk mempertahankan kemurnian kopi. Dengan menggiling kopi sendiri, maka cita rasa kopi dapat dibuat sesuai dengan selera.

Biji espresso yang sudah disiapkan digiling dengan burr grinder yang merupakan penggiling dengan pisau bergerigi. Cara ini akan mempertahankan kesegaran dari kopi. Menggiling kopi dengan birr grinder ini dapat diatur seberapa halus atau kasarnya hasil gilingan kopi. Tentu saja dapat disesuaikan dengan selera penikmat kopi.

Baca Juga :  Café Jogja Paling Kekinian Yang Wajib Anda Kunjungi

2. Memanaskan Susu Dengan Disteam

Susu yang digunakan untuk membuat kopi latte ini sebaiknya susu sapi rendah lemak. Hal itu dikarenakan susu jenis ini mudah dibuat berbusa sehingga akan mendukung tampilan dari kopi latte. Beda halnya dengan susu full cream yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Susu jenis ini sangat susah dibuat berbusa namun memiliki rasa paling nikmat.

Setelah susu disiapkan, cara membuat kopi latte dengan mesin selanjutnya adalah memasukkan susu ke alat steam. Alat ini biasanya tersedia satu seat dengan mesin pembuat kopi. Panaskan hingga suhu mencapai 65-70°C. Setelah itu akan terbentuk busa kecil-kecil (microfoam).

3. Menentukan Takaran Kopi Latte

cara membuat kopi latte dengan mesin selanjutnya yaitu menentukan takaran kopi latte. Satu shot espresso yang bervolume 30 ml ini mengandung kadar kopi dalam jumlah tertentu. Pada café-café terkenal, biasanya untuk membuat kopi latte hanya dibutuhkan 2 shot espresso.