Cappuccino Adalah Minuman Kopi Favorit, Simak Informasinya Berikut Ini

Cappuccino adalah salah satu minuman olahan kopi yang berbahan dasar kopi dan susu serta banyak penikmatnya. Minuman yang berasal dari italia ini biasanya disajikan pada pagi hari di Negara asalnya. Berikut sedikit ulasan mengenai cappuccino dan fakta fakta tentangnya yang bisa diketahui.

Cappuccino Menurut Wikipedia Indonesia

Salah satu sumber yaitu Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa cappuccino adalah minuman khas italia yang terbuat dari campuran espresso dan susu. Namun ada sebuah referensi lain juga berpendapat, cappuccino adalah biji kopi tentara Turki yang tertinggal di Austria. Saat itu mereka sedang berperang melawan tentara gabungan Polandia–Germania.

Wikipedia Indonesia juga menjelaskan, sajian cappuccino idealnya dibuat pada sebuah wadah berupa cangkir kopi  keramik. Hal ini dikarenakan wadah tersebut dianggap mempunyai daya simpan panas jauh lebih baik daripada menggunakan wadah dari bahan yang lain. Seperti misalnya ditempatkan pada gelas atau kertas.

Sampai akhir tahun 1990 an, cappuccino hanya dinikmati oleh negara – negara di Eropa dan sebagian kota besar di Amerika Utara. Namun seiring berjalannya waktu, cappuccino mulai mudah ditemukan di seluruh daratan Amerika Utara. Bahkan sampai dibuka sebuah warung waralaba kopi yang sangat popular hingga kini.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Kopi Arabika Wonosobo

Fakta-Fakta Tentang Cappuccino

Mungkin bagi para penikmat kopi, cappuccino sudah tidak asing lagi. Akan tetapi mungkin juga di antara penikmat cappucino belum mengetahui fakta-fakta seputar minuman kegemarannya itu. Berikut beberapa fakta tentang cappucino :

1. Berasal Dari Italia Dan Dijadikan Menu Sarapan

Cappuccino adalah minuman racikan kopi yang disajikan dengan steamed milk yang berasal dari negara Italia. Di Negara asalnya cappuccino ini disajikan untuk sajian sarapan. Para penikmatnya terutama warga lokal tidak memesan minuman ini lewat pukul 10.00 pagi.

Hal ini dikarenakan cappuccino mengandung banyak susu dibanding kopi. Kandungan susu yang banyak, menandakan banyaknya kalori yang terdapat didalamnya sehingga cocok dijadikan sarapan.

2. Buih Pada Cappuccino Tidak Hanya Sekedar Hiasan

Buih pada cappuccino tidak hanya sekedar sebagai hiasan. Dalam cappuccino, buih yang terbuat dari susu tersebut tidak hanya menjadikan minuman tersebut menjadi lebih sehat. Manfaat lain dari buih cappuccino adalah sebagai insulator. Insulator ini berguna untuk mengatur temperatur dari campuran kopi dan susu agar tetap dalam keadaan hangat.

Baca Juga :  Cara Membuat Kopi Latte Dengan Mesin Yang Mudah Dan Praktis

3. Harus Dengan Komposisi Yang Tepat Saat Membuatnya

Cappuccino adalah minuman tradisional italia yang terkenal dengan lapisan atasnya (front susu) diberi taburan bubuk coklat. Minuman ini terdiri dari campuran espresso, susu cair, dan busa sebagai topping. Untuk membuat sajian cappuccino diperlukan 3 bagian perbandingan bahan yang menjadi komposisinya. Yaitu 1/3 espresso, 1/3 susu steamed dan 1/3 front susu.

Untuk mengenali minuman cappuccino bisa dirasakan saat meminumnya. Saat tegukan pertama, yang dirasakan adalah rasa foam yang agak tegas dari front susu. Kemudian diikuti dengan rasa kopi bercampur dengan susu yang kuat setelahnya.

4. Dapat Mengganjal Perut Saat Malam Hari

Terkadang beberapa orang merasakan lapar saat malam hari terutama lewat tengah malam. Cappuccino adalah solusi yang bisa dijadikan alternatif pengganjal perut sementara. Hal ini disebabkan cappuccino dapat memberikan sensasi kenyang  sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu diketahui juga, kalori yang ada pada segelas sajian cappuccino juga tidak seberapa besar. Jika tidak ditambah gula saat membuatnya, kalori pada segelas cappuccino hanya sekitar 70-90 mg saja. Jadi yang sedang program diet tak perlu khawatir mengkonsumsi minuman ini asalkan tidak terlalu sering.

Baca Juga :  Ciri Khas Kopi Arabika Bondowoso Yang Tidak Dimiliki Oleh Kopi Lain

5. Minuman Olahan Kopi Yang Paling Sulit Dibuat

Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa minuman cappuccino adalah sajian yang paling sulit untuk dibuat secara benar. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, perbandingan rasio susu dan kopi harus seimbang. Untuk mendapatkan cita rasa yang tepat dan sempurna, keseimbangan rasio kedua bahan tersebut mutlak diperlukan.

6. Banyak Produk Olahan Dari Cappuccino

Saat ini banyak yang membuat inovasi produk-produk yang bahan dasarnya terbuat dari cappuccino. Misalnya cake rasa cappuccino, olahan permen yang memiliki rasa cappuccino bahkan es krim. Kini cappuccino juga tidak hanya dijual dengan dihidangkan panas saja namun juga disajikan dingin.

Beberapa produsen pun banyak menjual sajian cappuccino sebagai minuman dingin dengan ditambah bahan lain seperti misalnya cincau. Ada pula yang menambahkan varian rasa cappuccino cincau dengan varian rasa lain.

Itulah sedikit ulasan mengenai cappuccino serta beberapa fakta tentang minuman yang berasal dari Negara Italia tersebut. Bagi para pecinta kopi, cappuccino merupakan salah satu varian olahan kopi yang wajib dicoba.