Buka Cafe Ternyata Semudah Itu!

Berbisnis kini kian banyak peminatnya, tidak hanya dari kalangan pebisnis senior, namun juga pebisnis baru yang baru akan mulai merintis. Banyak juga yang mulai memikirkan untuk “mau buka bisnis apa ya?” Sebelum retire atau memutuskan untuk resign dari kerjaan yang sekarang. Tidak sedikit memang orang yang banting setir ke dunia usaha setelah “lelah” bekerja. Ada juga yang menjadikan usaha atau bisnis ini sebagai pemasukan tambahan atau sebagai bentuk investasi dari penghasilan yang kita dapatkan.

Saat ini siapa sih yang tidak mau punya bisnis sendiri apalagi bisnis cafe? Bisnis satu ini tidak hanya dianggap dapat mendatangkan keuntungan yang wow tetapi juga membawa gengsi dan prestige tersendiri bagi para owner-nya. Prestige disini bukan sekedar tentang menambahkan gelar “CEO” di akun sosial media tetapi lebih kepada kesan keren karena memiliki satu usaha yang dapat dibilang membutuhkan modal yang tidak sedikit di awalnya.

Memutuskan untuk buka cafe memang satu hal yang mudah. Mungkin seperti itu kira-kira asumsi kebanyakan orang. Tinggal ada duit, buka cafe bisa jadi semudah Andika Kangen band punya istri lagi. Tapi kenyataanya apakah benar semudah itu? Tidak semudah itu Fergusso, eits salah, memang semudah itu. Buka cafe ternyata memang semudah itu. Mau tahu kenapa? Cek beberapa fakta tentang buka cafe di bawah ini:

Baca Juga :  6 Cara Menikmati Minuman Cappucino Grande

1. Buka cafe tidak perlu modal besar, cukup seadanya saja

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha cafe namun terkendala biaya, gunakan modal seadanya saja. Ada banyak contoh cafe dengan modal minim yang bisa Anda coba terapkan. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa membuka cafe dengan modal yang besar akan lebih memudahkan jalan Anda, namun tidak berarti Anda harus mengurungkan niat untuk buka cafe hanya karena modal terbatas. Ada beberapa hal yang bisa disiasati jika memang hanya memiliki modal yang mepet atau sedikit sperti misalnya, gunakan lahan sendiri sehingga kita bisa menghemat biaya sewa tempat, kemudian maksimalkan peratan dan segala yang kita punya sehingga di awal kita tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Biasanya, kita membutuhkan modal yang besar untuk sewa tempat, oleh karenanya cari dan siasati hal ini terlebih dahulu.

2. Buka cafe tidak kenal musim

Karena bisnis yang kita jalankan ini berhubungan dengan makanan, which is sesuatu yang dibutuhkan banyak orang, kita tidak perlu takut untuk “tidak laku” atau tidak mendapat pelanggan karena bisnis ini merupakan satu bisnis yang  long lasting dan bukan bisnis musiman. Usaha yang tidak kenal musim inilah yang menjadikan cafe satu dari sekian banyak bisnis yang patut untuk dicoba.

Baca Juga :  Peluang Usaha Cafe Makin Menggiurkan, Berikut Step-by-Step Buka Cafe Baru Tanpa Ragu

3. Ngafe bukan lagi sekedar gaya hidup namun menjadi sebuah kebutuhan

Fakta menarik tentang buka cafe lainnya adalah kini bagi konsumen, pergi ke cafe atau istilahnya ngafe atau hangout di cafe bukan lagi menjadi satu gaya hidup namun menjadi kebutuhan. Konsumen, terutama jika usaha cafe Anda ini berada di kota besar, pergi ke cafe tidak hanya sekedar untuk makan, namun juga sebagai tempat bersosialisasi. Kurangnya space untuk bisa bersosialisasi membuat orang kota biasanya memanfaatkan waktu di cafe untuk bersosialisasi. Oleh karenanya, kita tidak perlu takut tidak mendapatkan konsumen karena kini, kebutuhan untuk datang dan makan di cafe atau sekedar duduk-duduk santai sambil ngobrol dan ngopi sepertinya jadi satu hal yang banyak dilakukan orang-orang.

4. Buka Cafe hits kini tidak perlu ribet

Bisnis cafe hits dengan layout menarik kini banyak diminati. Tidak hanya bagi para pebisnis senior namun juga anak-anak muda yang notabene masih baru di bisnis ini. Tidak perlu takut untuk buka cafe karena kini buka cafe jadi satu hal yang mudah. Untuk kita yang “sibuk” atau ragu dalam buka cafe sendiri, kita bisa meminta bantuan dari jasa konsultan bisnis. Dengan bantuan jasa konsultan bisnis, kita bisa buka cafe tanpa perlu pusing bagaimana dan mau seperti apa cafe yang akan kita buka. Memang, mencari konsultan bisnis yang terpercaya merupakan hal yang gampang-gampang susah. Anda tidak perlu bingung, cari saja konsultan bisnis dengan track record yang aman atau lihat dari deretan klien yang pernah ditangani. Jika sudah mendapatkan konsultan terpercaya, kita tinggal duduk manis sambil terus mengawal prosesnya. Enak kan?

Baca Juga :  Coworking Space Di Jogja Yang Nyaman Dan Akses Internet Cepat

5. Buka cafe dengan konsep yang bagus lebih menguntungkan

Tidak seperti bisnis lainnya, dalam membuka cafe kita perlu satu konsep yang matang atau bagus. Memilih konsep yang bagus terkadang tidak mudah untuk dilakukan mengingat sudah semakin banyaknya cafe bertebaran dan tentunya memilki konsep menarik-nya masing-masing, namun hal ini bukan menjadi sebuah kendala. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan konsep macam apa ya yang kira-kira pas dan menarik, Anda bisa datang ke konsultan bisnis terpercaya atau tinggal beli saja franchise cafe hits yang ada. Salah satu cafe yang menawarkan konsep beli franchise cafe ini adalah Cafebrick.