Buka Cafe Baru: Do and Don’t’s

Berbisnis memang begitu menarik sepertinya. Tidak sedikit orang yang mencoba keberuntungan di sektor bisnis dan kemudian berhasil. Namun, tidak sedikit pula yang gagal di percobaan pertama. Hal ini bukan tanpa sebab, berbisnis memang penuh tantangan dan greget. Semakin kita berani menghadapi tantangan ada dua opsi yang mungkin kita dapatkan yakni, jika kita berhasil melewati tantangan tersebut ya bisnis akan semakin meningkat, kalau gagal ya berarti siap-siap dengan kerugian. Hal ini sangat wajar dalam bisnis.

Dunia bisnis memang ngeri-ngeri sedap. Terutama untuk pebisnis pemula yang masih harus “dituntun” lah istilahnya. Namun jangan takut untuk memulai bisnis karena semakin muda Anda memulai bisnis, semakin bagus. Banyak yang baru memulai di masa pensiun, juga tidak masalah. Asalkan ada niat dan motivasi kuat untuk membangun bisnis Anda, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan berhasil.

Nah teruntuk Anda yang baru akan memulai usaha atau bisnis, ada baiknya kita perlu mempelajari lebih banyak tentang seluk-beluk dunia bisnis yang akan kita jalani. Menjajal peruntungan di dunia bisnis, apalagi untuk bisa survive di ranah bisnis kuliner tidak semudah itu. Terkadang ada yang berpikir bahwa bisnis itu “ah yang penting jalan aja dulu”, pikiran semacam ini perlu kita kesampingkan terlebih dahulu ya.

Baca Juga :  Mau Buka Bisnis Coffee Shop? Yakin Sudah Lakukan Hal-hal Ini?

Berbisnis itu tidak boleh asal jalan atau seadanya. Berbisnis itu perlu dipikirkan matang-matang karena terkait dengan uang. Orang tentu sensitif dengan hal yang satu ini bukan? Apalagi dalam membuka bisnis kuliner yang notabene bermodal tidak sedikit. Kita tentu mengharapkan keuntungan bukan? Dengan modal yang tidak sedikit tersebut harapannya kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal, bukan begitu?

Nah hal ini seringkali belum menjadi perhatian dalam membangun bisnis apalagi bisnis cafe baru. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa untuk bisa bertahan di sektor bisnis kuliner tidaklah mudah. Namun bisa kita usahakan semaksimal mungkin dari awal. Jika Anda baru akan membuka bisnis cafe, berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di awal saat Anda akan membuka usaha cafe:

Do Don’t
1. Jangan paksakan konsep