5 Tips Memilih Konsultan Cafe Terbaik

Membuka bisnis cafe kini menjadi satu hal yang sedang hype di kalangan pebisnis. Betapa tidak, ngafe kini menjadi satu budaya baru masyarakat kita, apalagi anak muda. Millenial yang notabene konsumtif, lebih senang “jajan” di cafe, ketimbang tempat lainnya membuat bisnis cafe semakin melejit. Tidak sedikit yang kini banting setir ke bisnis kuliner satu ini.

Untuk membuka usaha cafe, memang modal yang kita butuhkan tidak dapat dibilang sedikit. Katakanlah untuk mewujudkan konsep cafe idaman, kita pasti butuh mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun kita bisa tetap membuka cafe dengan modal terbatas, namun tetap saja, dengan modal yang cukup, kita akan lebih leluasa dalam mengembangkan bisnis ini.

Berbicara soal membuka bisnis cafe, ada banyak sekali yang perlu kita urus. Mulai dari soal konsep cafe, kemudian pemilihan menu, range harga, konsep, pemilihan lokasi, urusan hire karyawan, pengelolaan, dan banyak lainnya. Tidak sedikit yang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnis ini karena sebegitu banyak yang perlu diurus. Kendala yang dihadapi juga kadang menjadi satu alasan untuk tidak jadi membuka usaha ini.

Sebenarnya, ketika mengalami kendala dan kita sendiri sulit untuk menemukan solusinya, kita bisa kok mencari bantuan dari yang memang sudah berpengalaman di bidang ini. Banyak pebisnis pemula yang tidak tahu atau cenderung takut “bergaul” dengan sesama pebisnis atau dengan konsultan cafe yang menjadikan bisnis mereka kurang berkembang.

Tidak ada ruginya menggunakan jasa konsultan cafe dalam membangun usaha baru kita lho. Selain kita akan mendapatkan solusi dari permasalahan dalam bisnis cafe yang kita kelola, memanfaatkan jasa konsultan cafe juga memberikan kita keuntungan lebih karena bisnis ini dikelola oleh yang memang sudah berpengalaman di bidang bisnis cafe.

Baca Juga :  Peluang Usaha Cafe Makin Menggiurkan, Berikut Step-by-Step Buka Cafe Baru Tanpa Ragu

Untuk pebisnis pemula, sangat disarankan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis atau konsultan cafe. Mengapa? Karena di awal bisnis ini rawan dengan masalah, akan lebih aman jika bisnis cafe yang akan anda buka ini dikelola oleh yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Sambil memantau, kita bisa belajar dari konsultan bisnis.

Mungkin sebagaian dari Anda masih belum “percaya” dengan jasa konsultan cafe, namun ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mencari konsultan cafe terbaik. Scroll down ya!

Istilah konsultan cafe mungkin sudah sering Anda dengar, akan tetapi tidak sedikit pula yang belum mengetahui apa sih sebenarnya konsultan cafe itu. Konsultan cafe merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut professional yang memiliki keahlian dalam bidang manajemen cafe, manajemen bisnis, manajemen keuangan cafe, akutansi, pemasaran, SDM, pajak, dan masih banyak lainnya yang terkait dengan pengelolaan cafe.

Lalu, apa sajakah tugas seorang konsultan cafe? Mudahnya, tugas konsultan cafe adalah memberikan saran, bimbingan, atau arahan secara professional kepada pebisnis atau perusahaan, atau lainnya yang membutuhkan jasa konsultan cafe. Mungkin kita sudah tahu bahwa membuka bisnis cafe itu ngeri-ngeri sedap. Kita dituntut untuk selalu jeli dan perhatian terhadap segala sesuatunya. Apalagi dengan persaingan di bisnis cafe yang semakin ketat, semakin banyak pebisnis yang memilih membuka bisnis cafe, semakin banyak pesaing.

Meskipun tersedia banyak sekali konsultan bisnis di situs-situs pencarian online, namun kita perlu berhati-hati dalam memilih jasa konsultan cafe. Terutama bagi kita yang baru akan bergerak dalam bidang bisnis kuliner satu ini. Kita perlu waspada karena tidak semua konsultan cafe bisa memberikan masukan atau saran yang sesuai. Berikut ini beberapa tips untuk memilih konsultan cafe terbaik:

Baca Juga :  6 Kopi Arabika Di Indonesia Dengan Kualitas Terbaik

1. Googling atau Cari Informasi Terkait Konsultan Cafe Sebanyak Mungkin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jumlah konsultan bisnis terutama bisnis cafe jumlahnya ada banyak sekali. Kita perlu ekstra hati-hati dalam memilih konsultan cafe terbaik. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin via google, atau bertanya kepada rekanan yang mungkin sudah pernah menggunakan jasa konsultan cafe sebelumnya. Cari yang paling banyak mendapat rate bagus,dan yang memang sudah ada bukti hasil nyata dari kerjanya.

2. Pilihlah Konsultan Yang Memang Berkompeten di Bidang tersebut dan sudah berpengalaman

Tips nomor dua yang wajib kita lakukan adalah pilih konsultan cafe yang memang berkompeten, professional, dan memililki pengalaman dalam bidang usaha cafe. Satu hal yang penting adalah, jika hanya berpengalaman saja tidak cukup, cari yang memang memiliki bukti dan berkompeten di bidang ini.

3. Lihat Portofolionya

Anda juga dapat meminta company profile dan portofolio dari konsultan tersebut untuk lebih mengetahui referensi dari beberapa klien yang sudah pernah ditangani sebelumnya. Cari bagaimana bukti kerja mereka. Cari tahu klien mana saja yang pernah menggunakan jasa konsultan tersebut. Cari tahu apakah konsultan tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda.

4. Lakukan semacam Interview untuk mengetahui bagaimana konsultan bisnis yang akan Anda ajak bersama mengembangkan usaha Anda

Setelah mencari, Anda mungkin akan menemukan beberapa calon konsultan bisnis cafe yang sesuai dengan kriteria Anda, ajak “ngobrol santai”, agar Anda mengetahui seberapa nyambung Anda dengannya. Kita perlu memilih pertner berbisnis yang nyambung bukan?

5. Pilih konsultan cafe yang memiliki legalitas yang jelas

Memilih konsultan yang memiliki legalitas yang jelas juga menjadi hal yang perlu kita prioritaskan. Seorang konsultan yang bernauang di perusahaan yang memiliki legalitas yang jelas dan lengkap akan memberikan jaminan keamanan juga untuk anda. Jika dikemudian hari konsultan tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang seharusnya, kita bisa meminta pertanggung jawaban perusahaan.

Baca Juga :  Membuka Restoran Kini Semudah Itu Dengan Bantuan Konsultan Restoran

6. Menawarkan layanan After Servis

Konsultan cafe yang betanggung jawab biasanya akan memberikan layanan after service sebagai bentuk tanggung jawab. Hal ini diberikan dalam bentuk monitoring secara berkala maupun auditOleh karenanya, ada baiknya jika kita memilih konsultan yang dapat memberikan hal tersebut.

7. Apakah Harga Dan Pelayanan sebanding?

Bisanya “ada harga ada kualitas”, konsultan cafe biasanya akan menawarkan harga yang tinggi, namun hal ini harus sebanding dengan hasil yang kita dapatkan. Jika kita menginginkan konsultan yang memang memiliki kompetensi yang baik, dan sudah terbukti hasil kerjanya, jangan kaget jika harga yang ditawarkan cukup tinggi. Jangan tergoda dengan harga yang murah, namun kualitas kerja yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Namun, tidak salah juga jika Anda mencari konsultan cafe yang sesuai dengan budget, asalkan, kita perlu tahu dengan betul konsultan tersebut.

Itu tadi beberapa tips memilih konsultan cafe terbaik yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam mencari konsultan terbaik untuk bisnis Anda. Mungkin Anda memiliki kriteria tersendiri atau cara tersendiri dalam mencari konsultan cafe, sah-sah saja. Jika Anda masih belum memiliki gambaran konsultan bisnis yang kredibel dan dapat dipercaya, di Yogyakarta ada satu konsultan bisnis yang memang sudah memiliki portofolio yang jelas dan hasil kerja yang nyata yakni Panca Manunggal Lestari, jika Anda sedang mencari konsultan cafe terbaik, silahkan kunjungi tab partnership di web ini ya!