5 Keuntungan Bisnis Cafe yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam membuka usaha cafe kita pasti akan sangat termotivasi oleh “keuntungan” yang akan didapatkan. Gambaran keuntungan memang terkadang begitu indah, meskipun di awal, mungkin akan ada banyak pengorbanan yang harus kita jalani. Seperti dalam membuka usaha atau bisnis, dalam mengawali bisnis kita tentu perlu mengeluarkan modal yang tidak dapat dibilang sedikit bukan? Apalagi untuk bisnis besar macam cafe atau restoran. Meski kita tetap dapat membuka usaha ini dengan modal seadanya alias minim modal, tetap saja, kita membutuhkan modal yang cukup untuk mengembangkan usaha ini.

Berbicara soal keuntungan membuka bisnis cafe, keuntungan yang bisa kita dapatkan memang tidak main-main. Namun hal ini harus dibarengi dengan konsistensi dan kerja keras dalam mengembangkan cafe yang kita kelola. Tanpa konsistensi, semua bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, termasuk usaha cafe ini.

Sebenarnya, dalam membuka cafe, ada beberapa keuntungan bisnis cafe yang tidak dimiliki oleh bisnis lainnya, seperti:

1. Cafe merupakan bisnis yang menjual “kebutuhan pokok”

Tentu kita tahu bahwa manusia butuh makan bukan? Nah hal ini menjadi salah satu keuntungan bisnis cafe yang tidak dimiliki bisnis lainnya. Dengan membuka bisnis Cafe kita menjual “kebutuhan pokok” manusia yakni kebutuhan akan makan. Seperti layakna pakaian dan tempat tinggal, kebutuhan akan makanan menjadi satu hal yang diprioritaskan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa semua orang butuh makan, dan tidak sedikit yang rela membayar berapapun untuk makanan. Selain fakta bahwa semua orang butuh makan, orang juga terkadang menambahkan “gengsi” pada kebutuhan tersebut sehingga tidak sedikit yang rela mengeluarkan uang yang lebih untuk sekedar “makan” agar dapat di post di sosial media. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kita apalagi yang memiliki cafe dengan desain unik atau makanan “cantik” yang instagrammable.

2. Bisnis yang perputaran cepat

Keuntungan bisnis cafe yang kedua adalah bisnis ini memiliki perputaran modal yang cepat. Hal ini berkaitan dengan hasil penjualan kita dalam sehari tersebut tentunya. Kita bisa menghitung pemasukan perharinya dan bisa kita putar lagi sebagai modal di keesokan harinya. Positifnya, kita jadi mengetahui keuntungan dan kerugian kita dapatkan pada hari tersebut untuk dapat segera dapat menentukan tindakan evaluasi atau memperbaiki langkah atau strategi apabila terjadi kerugian.